Apple hari ini resmi menutup jalur downgrade ke iOS 11.2.x. Yaitu iOS 11.2.2, iOS 11.2.1 dan iOS 11.2. Hal ini membuat pengguna perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch yang mendukung iOS 11, hanya dapat melakukan update ke iOS 11.2.5 saja.

Advertisement

Hal ini sebetulnya sudah sering terjadi yaitu Apple menutup jalur dowgrade ke iOS versi sebelumnya, ketika update versi paling baru sudah dirasa stabil dan aman. Kebiasaan lainnya adalah update iOS versi berikutnya akan segera rilis. Dalam kesempatan ini, yang saya maksud adalah update iOS 11.3 yang dijadwalkan rilis di akhir Februari atau awal Maret mendatang.

Namun ada juga beberapa rumor yang menjelaskan bahwa Apple menutup iOS 11.2.x sebelum tools Jailbareak yang lama ditunggu oleh Jailbreakers rilis. Yaitu buatan tim Zimperium zLabs yang kabarnya akan rilis dalam waktu dekat. Sedangkan pengguna iOS 11.2.1, saat ini bisa mencoba tools Electra dan silakan berhati-hati supaya tidak mengalami error dan harus berarkhir Restore ke iOS 11.2.5 – kehilangan tools Jailbreak.

Apakah kamu sudah mengunduh update iOS 11.2.5? Versi terbaru dari iOS 11 ini memberikan perbaikan di beberapa bagian seperti Mail, Messages, CarPlay dan VoiceOver. Sedangkan fitur barunya ada di dukungan perangkat HomePod dan Siri News untuk negara yang mendukung.