Salah satu manufaktur rekanan Apple, Wistron selama ini dikenal sebagai perusahaan yang didapuk untuk merakit iPhone SE di India. Namun tidak lama lagi, mereka direncanakan bakal merakit model iPhone lainnya.

Advertisement

Sebagaimana diberitakan Reuters, Wistron yang berasal dari Taiwan berencana merakit iPhone 6s di India. Pasalnya, mereka tengah dalam proses akhir menyepakati kerja sama untuk menyewa lahan seluas 40 hektar di kawasan teknologi di Bengaluru.

A third source said Apple was likely to start assembling its iPhone 6s models in India via Wistron soon, as it looks to cut costs and diversify its production base beyond greater China.

Sejumlah petinggi Wistron dilaporkan sudah mengadakan pertemuan dengan Menteri Perindustrian Karnataka pada awal bulan lalu. Kerja sama tersebut direncanakan rampung dalam beberapa minggu ke depan.

Dalam rencananya, Wistron bakal menggelontorkan dana sebesar $157 atau sekitar Rp 2,1 triliun. Dana sebesar itu akan digunakan untuk membangun pabrik baru untuk merakit iPhone 6s di kawasan tersebut melalui unit usahanya ICT Service Management Solutions yang merakit iPhone SE.

ICT Service Management Solutions dilaporkan sudah mengantongi izin dari pemerintah setempat untuk mengimpor perlengkapan mesin baru dari China untuk merakit iPhone 6s di India.

Merakit iPhone 6s di India cukup masuk akal. Lantaran model iPhone yang diluncurkan pada 2015 lalu sangat populer di negara berkembang, macam India. Apalagi iPhone 6s kini memiliki banderol harga lebih murah dari iPhone 7, iPhone 8, atau pun iPhone X.

Dengan merakit iPhone secara lokal di India, Apple bisa menghemat biaya impor. Hal itu menyusul pemerintah India beberapa waktu lalu sudah menaikkan pajak impor untuk barang elektronik. Sehingga Apple menaikkan harga produk-produknya, tidak termasuk iPhone SE.

Jika iPhone 6s dirakit di India, kemungkinan Apple bakal menjualnya denga harga yang lebih murah. Itu juga menguntungkan bagi Apple karena bisa mendongkrak pangsa pasar iPhone di negara tersebut.