Komputer Mac generasi berikutnya yang di dalamnya tersemat co-processor keamanan kustom buatan Apple sendiri bukan lagi cuma rumor. Perusahaan teknologi yang bermarkas di Cupertino itu dikabarkan tengah menyiapkannya.

Advertisement

Berdasarkan informasi terbaru yang dibeberkan Mark Gurman dari Bloomberg, Apple berencana meluncurkan setidaknya tiga model komputer Mac baru dengan co-processor kustom buatannya sendiri pada tahun ini.

Tiga model komputer Mac baru tersebut disebutkan terdiri dari dua MacBook dan satu lagi berjenis desktop. Kemungkinan Apple bakal meluncurkannya pada pertengahan tahun ini atau pada musim gugur mendatang.

Apple is working on at least three updated Mac models with custom co-processors for release as soon as this year, including updated laptops and a new desktop, according to a person familiar with the plan.

Meluncurkan produk baru dengan prosesor kustom buatan sendiri bukan hal yang baru bagi Apple. Mereka sudah lama melakukan hal tersebut sejak mendesain chip prosesor A4 yang disematkan di iPad pertama pada 2010 lalu.

Hal tersebut berlanjut ke tahun-tahun berikutnya. Pada 2013, mereka merilis iPhone 5s yang di dalamnya terdapat chip motion co-processor pertama yang dirancang untuk melacak pergerakan.

Tidak berhenti sampai di situ, Apple juga merancang chip wireless W2 yang dirancang untuk meningkatkan konektivitas Bluetooth. Chip ini bisa kamu temukan dalam AirPods dan Apple Watch baru. Apple juga meluncurkan chip Neural Engine dan GPU terintegrasi dengan chip prosesor A11 Bionic yang ada di iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Apple dilaporkan memiliki rencana untuk membuat lebih banyak chip kustom buatannya sendiri di masa mendatang. Hal itu bukan tanpa alasan, mereka ingin punya kendali lebih besar terhadap perangkatnya sehingga hardware dan software menjadi lebih efisien.

Namun kalangan analis menilai Apple merancang chip kustomnya sendiri adalah untuk memangkas biaya komponen, mendapatkan lompatan teknologi karena Apple mengendalikan riset dan pengembangannya, serta menyimpan rahasia dari para pesaingnya.

Namun lebih dari itu dengan meracang chip kustomnya sendiri, Apple mengurangi ketergantungannya untuk memasok komponen chip dari para supplier, seperti Intel dan Qualcomm – yang saat berseteru dengan Apple. Hanya soal waktu, Apple bakal merancang prosesornya sendiri di masa depan.