Setelah meraup miliaran pengguna, WhatsApp sepertinya terus berbenah untuk memberikan kepuasaan bagi penggunanya.

Tidak saja memberikan layanan kepada pengguna perorangan, WhatsApp baru-baru ini juga menghadirkan  WhatsApp Business yang ditujukan bagi perusahaan.

Advertisement

Namun gebrakan itu ternyata diikuti Apple. Seperti diberitakan Tech Crunch, Apple dikabarkan sedang mempersiapkan fitur baru di iMessage.

Fitur itu memungkinkan konsumen untuk mengobrol langsung dengan perusahaan melalui platform pesan Apple.

Fitur tersebut adalah Business Chat, fitur Apple ini memungkinkan konsumen berkomunikasi dengan perwakilan perusahaan di iMessage, melakukan pembayaran melalui Apple Pay dan menjadwalkan pertemuan bergantung pada kebutuhan bisnis.

iMessage sendiri memang terbilang jarang digunakan apalagi untuk komunikasi bisnis. Meski begitu, prilaku ini bisa dengan mudah berubah. Sehingga ini mungkin yang mendorong Apple dalam mengubah komunikasi B2C, pembayaran, dan layanan pelanggan ke platform pesannya sendiri.

Keunggulan iMessege yakni tidak mengharuskan pengguna menginstal aplikasi secara terpisah. Apple juga memiliki layanan pembayaran built-in yakni Apple Pay yang dapat mempermudah transaksi.

Apple mengatakan Business Chat besutannya akan diluncurkan bersamaan dengan rilis publik iOS 11.3 musim semi ini.

Meski begitu bukan berarti Apple akan melenggang begitu saja, memikat pengguna dengan Business Chat-nya. Pasalnya ukuran dan skala platform yang dimilikinya masih terbilang kecil.