Lama tak tersiar kabar mengenai proyek pengembangan mobil yang bisa menyetir sendiri (self-driving) yaitu Project Titan, Apple dikabarkan terus menambah jumlah mobil self-driving yang digunakan untuk pengujian. Kini jumlahnya mencapai puluhan mobil.

Advertisement

Sebagaimana laporan yang dilansir 9to5Mac dari Bloomberg, jumlah mobil self-driving yang juga disebut dengan nama mobil otonom dan digunakan pengujian oleh Apple kini sudah mencapai 27 buah.

Dalam laporan itu, Apple disebutkan tidak menggunakan model mobil dengan tipe yang berbeda-beda. Melainkan model mobil SUV yang sama. Kemungkinan alasan mengapa Apple menggunakannya adalah karena mobil jenis tersebut sangat populer di AS.

Jumlah mobil self-driving ini jauh meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Tepatnya pada musim Semi tahun lalu, Apple mengantongi izin dari California DMV untuk menggunakan tiga mobil dengan tipe Sport Utility Vehicle (SUV) merek Lexus RX450h yang dilengkapi banyak sensor untuk menghimpun data.

Mobil self-driving yang diuji Apple itu sendiri pernah terlihat berkeliaran di jalanan pada April tahun lalu. Dalam pengujian, mobil tersebut dilengkapi dengan dengan banyak peralatan dan sensor, seperti Velodyne Lidar 64 saluran, dua radar, dan sejumlah kamera.

CEO Apple Tim Cook pernah mengkonfirmasi bahwa perusahaannya mengembangkan sistem mobil otonom. Namun dia tidak secara rinci menyebutkan bakal meluncurkan mobil self-driving buatannya sendiri sebagaimana yang rumor yang beredar.

Menurut rumor kala itu, Apple disebutkan merekrut ribuah pegawai di bidang otomoif dengan rencananya meluncurkan mobil listrik otonom pada 2020-an. Namun hingga saat ini, proyek tersebut masih sangat dirahasiakan dan sempat terjadi pergantian kepemimpinan dalam proyeknya. Saat ini proyek ini dikepalai Bob Mansfield.