Berita

Facebook akuisisi startup biometrik, ingin saingin Face ID?

Facebook baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa jejaring sosial terbesar tersebut mengakuisisi Confirm.io, startup yang menawarkan API yang dapat melakukan verifikasi kartu identitas yang dikeluarkan pemerintah, seperti KTP atau SIM.

Melansir Techcrunch, startup asal Boston AS ini akan ditutup dan semua tim dan berbagai teknologinya akan pindah ke markas Facebook di California.

Confirm.io sendiri sudah mendapatkan berbagai pendanaan besar untuk mengembangkan teknologi pemindaian kartu identitas, serta biometrik mobile seperti pemindaian wajah.

Klien yang menggunakan jasa dari Confirm.io akan dengan mudah mengintegrasikan teknologi ini ke aplikasinya. Seperti startup delivery makanan Doordash yang menggunakan Confirm untuk melakukan verivikasi driver, sementara startup layanan kenotariatan Notarize menggunakannya untuk mencocokkan identitas konsumen dengan data mereka.

Facebook sendiri bisa menggunakan teknologi ini untuk keluar masuk akun Facebook sebagai alternatif password. Facebook sendiri sebelumnya memang pernah melakukan uji coba sebuah fitur untuk unlock akun Facebook menggunakan selfie, dan akuisisi Confirm bisa membuat fitur tersebut berkembang sempurna.

Bisakah Facebook saingi Face ID dari Apple untuk jadi platform yang gunakan pemindaian wajah secara revolusioner di jejaring sosial? Kita lihat saja.

Comments
To Top