Berita

Apple Rilis Apple Music for Artists, Pantau Wawasan Pengguna dengan Detail

Layanan Apple Music kebagian fitur baru di akhir Januari 2018. Menggunakan nama “Apple Music for Artists”, layanan ini berupa Analytics Dashboard untuk membantu para musisi melihat wawasan (insight) dari para pendengar dan pembeli musiknya.

The dashboard home page offers up an artist’s current number of plays, spins, song purchases, and album purchases, with built-in tools able to provide data dating back to June of 2015, which is when Apple Music first launched.

Sesuai dengan kutipan di atas, halaman utama dari Apple Music for Artists berisi data musik yang sudah diputar, dibeli, pembelian satuan atau dalam bentuk satu album serta beberapa tools tambahan. Seperti mode melihat data mundur hingga tahun 2015, saat Apple Music pertama kali rilis.

Ada juga panel wawasan tambahan yang berisi data lebih lengkap. Seperti jumlah waktu musik diputar, pembelian lagu tertentu dan pembelian kumulatif. Ada juga peta global dari penggna Apple Music di seluruh dunia yaitu 115 negara dengan data terperinci untuk setiap riwayat pembelian.

Data setiap negara juga termasuk lagu paling ngetop dan juga demografis pengguna. Apple Music for Artists juga memberikan data tambahan berupa daftar Playlist yang dikurasi oleh tim Apple dan memiliki lagu dari musisi tersebut. Lengkap banget ya!

Masih dikutip dari laman sumber, Apple menghadirkan Apple Music for Artists untuk membantu para musisi independen dalam hal mendapatkan data dari penggemar mereka. Dengan data tersebut, diharapkan para musisi dapat bersaing lebih baik dan melakukan beberapa tindakan besar.

Comments
To Top