Di ajang Mobile World Congcress 2018 yang diadakan pada 28 Februari 2018 mendatang.  Para vendor mulai mempersiapkan smartphone terbarunya. Salah satunya Nokia.

Seperti diberitakan Forbes, HMD Global menunjukan keseriusan akan meluncurkan seri barunya. Meski perhelatan tersebut masih sebulan lagi digelar, mereka telah menyebar undangan peluncuran ponsel baru.

Advertisement

Di undangan itu tertulis, HMD Global akan menghelat acara pada tanggal 25 Februari 2018 pada pukul 16.00 waktu Barcelona, Spanyol.

Mengenai undangan itu, Juho Sarvikas, Chief Product Officer pernah sedikit memberikan bocoran kalau timnya sedang merencanakan MWC 2018, dan dia menyiratkan kalau akan ada yang luar biasa yang dihadirkan HMD Global di MCC 2018.

Meskipun undangan itu secara spesifik tidak menyebutkan smartphone apa yang akan mereka luncurkan, namun diduga itu adalah Nokia 9.

Selain Nokia 9, ada kemungkinan HMD Global akan mengungkap Nokia 4, versi baru Nokia 7, Nokia 8 juga termasuk Nokia 3310 versi 4G.

Bocoran mengenai Nokia 9, sudah berhembus dari akhir tahun lalu, Awalnya bocoran tersebut berupa keterangan spesifikasi nomor model TA01005 tapi diketahui ponsel yang bersangkutan dibuat oleh HMD Global.

Spesifikasinya pun termasuk kelas atas. Dari sini, bisa disimpulkan bahwa perangkat dalam bocoran FCC adalah perangkat high-end Nokia yang belum meluncur, dan disinyalir Nokia.9.

Bocoran FCC menyebutkan bahwa Nokia 9 akan memiliki layar OLED 5,5 inci buatan LG, serta kamera ganda dengan resolusi 12 megapiksel dan 13 megapiksel di bagian belakang, serta kamera 5 megapiksel di sisi depan.

Untuk prosesor Nokia 9 menggunakan Snapdragon 835, kapasitas media penyimpanan 128 GB, baterai sebesar 3.250 mAh, dan menjalankan sistem operasi Android 8.0 Oreo.

Soal penampilan fisik, bocoran yang beredar sebelumnya menyebutkan bahwa Nokia 9 akan memiliki desain bezel less dengan bingkai layar yang sangat tipis.