Berita

iPhone 6 Plus Rusak, Apple Siap Ganti dengan iPhone 6s Plus hingga Maret

Buat pengguna yang iPhone 6 Plus miliknya mengalami kerusakan parah dan memerlukan penggantian, ada sebuah kabar gembira dari Apple. Perusahaan berlambang buah Apple tergigit itu dikabarkan akan memberikan penggantian unit dengan model iPhone versi di atasnya.

Dari surel internal perusahaan yang dikirimkan ke Apple Authorized Service Providers (AASP) seperti dilihat MacRumors, Apple bakal mengganti beberapa iPhone 6 Plus milik pengguna yang rusak parah dengan model iPhone 6s Plus.

Program penggantian beberapa iPhone 6 Plus dengan model lebih baru tersebut akan berlangsung hingga bulan Maret 2018 mendatang. Sumber yang sama mengkonfirmasi bahwa surel tersebut benar adanya.

Apple specifically states that “orders for whole unit service inventory of some iPhone 6 Plus models may be substituted to an iPhone 6s Plus until the end of March 2018.”

Tidak diketahui alasan mengapa Apple memberikan penggantian iPhone 6 Plus dengan iPhone 6s Plus. Namun mereka mereka diduga melakukan hal tersebut lantaran ada kaitannya dengan terbatasnya pasokan baterai untuk iPhone 6 Plus.

Ya seperti diketahui sebelumnya pengguna iPhone 6 Plus diberitakan harus menunggu hingga April untuk bisa mendapatkan penggantian baterai untuk perangkatnya. Hal ini lantaran pasokannya yang terbatas.

Malahan menurut dokumen internal lain yang beredar, Apple disebutkan tidak lagi memproduksi iPhone 6 Plus. Sehingga mereka membutuhkan waktu lebih lama jika ingin kembali menambah pasokan, termasuk baterainya.

Daripada harus menunggu hingga April tiba, beberapa pengguna tampaknya memilih untuk mendapatkan penggantian ke unit yang baru. Hal ini dispekulasikan yang membuat pasokan iPhone 6 Plus menjadi habis.

Namun jenis kerusakan perangkat seperti apa yang memenuhi syarat penggantian ke unit yang baru seluruhnya saat ini belum diketahui. Namun biasanya, penggantian perangkat seluruhnya yang memenuhi syarat adalah jika ada cacat di konektor Lightning, Logic Board, dan lainnya.

Sedangkan layar, speaker, kamera belakang, baterai, atau TapTic Engine yang rusak, maka Apple akan melakukan penggantian komponen secara terpisah. Bukan menggantinya dengan perangkat baru seluruhnya.

Jadi penggantian tentunya tergantung pada kerusakan perangkat dan didasarkan pada pengujian diagnostik. Seperti biasa, penggantian tersedia di Genius Bar di gerai-gerai Apple dan AASP. Namun tidak diketahui apakah AASP di Indonesia mendukung program penggantian ini.

Comments
To Top