Baru-baru ini perusahaan asal Korea Selatan, LG, mengumumkan varian smartphone terbarunya yang diklaim memiliki sertifikasi MIL-STD 810. Melalui sertifikasi militer tersebut, perusahaan mengklaim bahwa seri terbaru yang dilabeli LG X4 Plus ini cukup tangguh terhadap beberapa keadaan yang cukup membahayakan smartphone.

LG X4 Plus  diklaim memiliki sertifikasi militer dan masuk dalam kategori menengah ini, baru dilepas di wilayah negara asalanya, Korea Selatan. Perusahaan mengumumkan bahwa banderol harga LG X4 sekitar USD280 atau sekitar IDR3,6 jutaan, harga yang cukup terjangkau meski memiliki fitur smartphone di kelas premium.

Advertisement

Perusahaan kabarnya membangun X4 Plus dengan bodi full alumunium, dilengkapi dengan piranti multimedia yang mendukung. Seperti kamera resolusi 13MP pada bagian belakang, serta kamera depan dengan besaran resolusi 5MP. Seri ini juga digadangkan hadir dengan membawa layar dimensi 5,3 inci yang sudah mendukung resolusi warna 720p.

Untuk dapur pacunya sendiri, LG X4 Plus ditanamkan prosesor Snapdragon Qualcomm dari keluarga seri Snapdragon 425 dengan RAM 2 GB. Seri ini juga memiliki penyimpanan internal seluas 32 GB yang disandingkan dengan slot kartu microSD memberi fleksibilitas ruang penyimpanan. Ponsel ini juga dilengkapi baterai 3.000 mAh, yang harus dimainkan dengan baik dengan prosesor dan resolusi layar untuk memudahkan penggunaan sehari-hari Anda.

Namun sayangnya, X4 Plus menjalankan Android 7.0 Nougat bukan OS Android versi terbaru. Padahal saat ini, kebanyakkan smartphone kelas menengah telah mendapatkan OS versi terbaru Oreo yang sudah tersedia banyak di pasaran. Mungkin dalam waktu beberapa bulan setelah peuncuran, X4 Plus akan kebagian untuk mendapatkan Android Oreo.

Dan satu keuntungan yang diberikan oleh LG X4 Plus ini adalah sertifikat MIL-STD 810G. Ini berarti telepon akan tahan terhadap suhu yang ekstrem, tetesan air, dan faktor lain seperti terjatuh secara tidak sengaja dalam ketinggan 2 meter. Bahannya pun cukup tangguh dan tahan air, juga tahan debu setidaknya cukup aman untuk membawanya di tepi kolam renang.

Fitur bagus lainnya adalah konverter analog digital Hi-Fi yang memungkinkan output audio 192 kHz hingga 32-bit. Selain itu, X4 Plus mendukung LG Pay, sistem pembayaran mobile perusahaan yang telah tersedia di Korea Selatan sejak Juni lalu . LG menegaskan akan meluncurkan LG Pay di AS pada akhir Juni , namun tidak dengan X4 Plus.

Hingga berita ini diturunkan, LG belum menginformasikan secara resmi apakah X4 Plus akan juga dipasarkan di beberapa wilayah negara Asia tenggara lainnya, seperti Indonesia meski nama yang diusungnya di beberapa negara akan menjadi berbeda.