Youtube baru saja merubah kebijakannya terkait Program Partner YouTube (YPP). Dengan perubahan tersebut, Youtuber yang ingin mendapatkan penghasilan dari layanan berbagi video ini harus berusaha lebih keras.

“Kami tetap berkomitmen untuk menjadikan YPP terbuka bagi sebanyak mungkin channel. Namun, kami juga menyadari perlunya menerapkan pengamanan demi melindungi pendapatan kreator di seluruh ekosistem YouTube,” bunyi pengumuman yang dikeluarkan oleh Youtube.

Advertisement

Sesuai dengan persyaratan kelayakan baru, Youtuber harus memenuhi syarat untuk mengikuti program monetisasi dengan memenuhi persyaratan minimum yang baru, yakni 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir dan 1.000 subscriber.

Kebijakan ini bukan hanya untuk pengguna baru melainkan berlaku untuk semua pengguna. Akibatnya, channel yang sebelumnya bisa memonetisasi tetapi tidak memenuhi aturan baru tidak dapat lagi mengakses semua alat dan fitur monetisasi yang dikaitkan dengan Program Partner YouTube mulai tanggal 20 Februari 2018.

Agar dapat terus memonetize channelnya, Youtube memberikan kesempatan selama 30 hari kepada Youtuber untuk memenuhi persyaratan minimum tersebut.