Teknologi sensor sidik jari sejauh ini ada di tombol home yang kemudian pindah ke bagian belakang untuk mengecilkan sisi bezel. Beberapa waktu lalu, teknologi baru sensor sidik jari ini kembali dipindahkan ke depan namun posisi berada dibawah layar. Kali ini teknologi kamera depan juga sejauh ini masih belum ada solusi untuk menciptakan layar penuh pada ponsel seperti iPhone X dan Essential Phone yang masih meninggalkan sudut unik dibagian atas karena kamera ini. Namun apakah kamera depan ini bisa mengikuti sensor sidik jari yang ditanam pada bawah layar?

Advertisement

Sebuah paten milik Samsung menunjukkan adanya penempatan kamera selfie, lubang suara, dan sensor yang berada dibawah layar. Apabila memang teknologi ini benar, maka perangkat dimasa depan akan memiliki smartphone non bezel. Mi Mix dari Xiaomi sendiri merupakan yang pertama untuk smartphone bezel less ini dengan lubang suara yang dibawah layar, namun tidak begitu baik.

Mix juga memasang kamera selfie dibagian bawah yang bukan posisi baik. Paten ini menunjukkan penempatan konvensional yang berada dibagian atas. Sejauh ini belum ada yang membuat kamera semacam ini, paten awal ini juga pernah direferensikan oleh Samsung, Apple, LG, dan lainnya dengan penggunaan OLED transparan.