Gadget

Ini Tujuh Gadget Lama yang Lahir Kembali

Perkembangan teknologi tidak serta merta membuat orang-orang lupa terhadap barang-barang yang populer pada masa kecilnya dulu.

Kaset misalnya, kembali mendapat perhatian meskipun masih kalah bersaing dibandingkan layanan streaming. Pada gelaran The Consumer Electronics Show (CES) 2018 pekan lalu, Kodak juga telah menyampaikan akan meluncurkan kembali kamera berformat film Super 8 versi terbaru.

Kamera itu pertama kali dirilis pada 1982. Meski bentuknya dibuat menyerupai kamera aslinya dan menggunakan film, tapi Kodak mengombinasikannya dengan teknologi digital terbaru.

Namun, bukan hanya kaset dan kamera film yang kembali menjadi sorotan. Berikut tujuh gawai lama yang lahir kembali, seperti dilansir dari Bloomberg, Sabtu (20/1/2018):

– Ultra Game Boy

Perusahaan gim Hyperkin.com berniat merilis game boy dengan sentuhan teknologi terbaru pada musim panas 2018, dengan harga di bawah US$100. Game boy ini dibalut aluminium dengan layar spektrum RGB, sepasang speaker stereo, dan port USB-C untuk mengisi baterai.

– Polaroid OneStep 2

Pada September 2017, Polaroid menampilkan OneStep 2 yang disebut sebagai kamera analog instan. Peluncurannya adalah bagian dari upaya mengembalikan kejayaan foto instan versi offline. Harganya pun relatif terjangkau, yakni hanya US$99 atau sekitar Rp1,3 juta.

– Nokia 3310

Tahun lalu, HMD Global Oy meluncurkan ponsel legendaris ini ke pasar. Dengan tampilan yang lebih trendi dan harga US$60, sekitar Rp800.000, Anda bisa melepas kerinduan bermain Snake.

– BlackBerry KeyOne

Para pengguna BlackBerry umumnya menyukai ponsel tersebut karena keypad-nya sangat nyaman digunakan, termasuk Kim Kardashian. Oleh karena itu, pada April 2017 perusahaan yang berbasis di Kanada itu meluncurkan seri KeyOne.

– Konsol NES dan SNES edisi klasik

Nintendo meluncurkan dua konsol klasik ini untuk memuaskan para penggemar gim. Konsol NES diluncurkan pada 2016, sedangkan SNES pada September 2017. Meski tampilannya, tapi ukurannya dibuat lebih kecil demi kenyamanan bermain. Dengan harga US$80, dua konsol ini laris dimana-mana.

Speaker Luciano

Mungkin tidak banyak warga Indonesia yang familiar dengan pengeras suara ini. Namun, bentuknya yang serupa dengan pengeras suara pada gramofon ternyata cukup ikonik di dunia internasional. Perusahaan bernama New Black meluncurkannya dengan dikombinasikan teknologi terbaru, termasuk menggunakan komponen yang biasanya dipakai di sistem stereo hi-fi. Bagi mereka yang ingin terlihat berbeda dari yang lain, bisa memilih versi yang terbuat dari emas 24 karat.

– Lofree Four Seasons Retro Mechanical Keyboard

Bagi yang ingin tahu bagaimana rasanya mengetik menggunakan mesin tik, keybord Lofree ini bisa menjadi pilihan tanpa perlu kesulitan mencari mesin tik yang masih bekerja. Bunyi khas ketika menggunakan mesin tik akan bisa didengar penggunanya tanpa harus mengorbankan kenyamanan karena alat ini kompatibel dengan Mac, iOS, Windows, dan Android. Tertarik? Cukup keluarkan uang US$74 atau sekitar Rp985.000.

Comments
To Top