Instagram ternyata diam-diam tengah melakukan uji coba fitur terbaru yang kabarnya akan dirilis dalam waktu dekat.

Advertisement

Belum lama ini, Instagram tersebut sedang menguji coba fitur di mana pengguna bisa mendapatkan notifikasi ketika Stories miliknya di-screenshot oleh orang lain.

Dengan demikian, fitur memungkinkan pengguna tak lagi bebas melakukan screenshot pada Instagram Stories. Karena pengguna yang di-screenshot pasti akan menerima notifikasi langsung dan mengetahui siapa saja yang melakukan screenshot.

Menariknya, fitur ini baru akan bekerja setelah pengguna melakukan satu kali screenshot. Ambil contoh, saat mencoba screenshot Stories seseorang, si pengguna akan mendapatkan peringatan.

Peringatan ini berisi bahwa screenshot yang dilakukan berikutnya akan dinotifikasi si pemilik Stories.

“Jika kamu mencoba untuk melakukan screenshot Stories berikutnya, pengguna yang di-screenshot akan diberikan notifikasi,” begitu kira-kira bunyi peringatan tersebut sebagaimana dilansir The Next Web, Jumat (19/1/2018).

Fitur Type

Tak cuma itu, Instagram juga menguji fitur baru lain di mana pengguna bisa mengunggah Stories dengan tulisan, bukan foto atau video singkat berdurasi 15 detik.

Fitur bernama “Type” ini memungkinkan pengguna bisa menulis status dengan beberapa jenis font yang berbeda. Mereka juga bisa menggonta-ganti latar tulisan dengan warna-warna yang eye catchy.

Fitur ini diketahui sudah dikembangkan Instagram sejak Desember 2017 dan sudah diuji ke sejumlah pengguna di beberapa negara.

Instagram menjelaskan, kehadiran kedua fitur terbaru ini diharapkan bisa meningkatkan pengalaman pengguna Instagram–khususnya Stories–menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Instagram Stories Mendunia

Instagram sendiri mengklaim Stories adalah salah satu fitur paling populer. Per November 2017, jumlah pengguna Instagram Stories kembali meningkat hingga 300 juta. Pencapaian ini diumumkan langsung oleh CEO dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

Dalam pengumumannya, sebagaimana dilansir Ubergizmo via TechCrunch, Zuck–begitu akrab disapa, mengungkap pertumbuhan pengguna Instagram Stories bahkan menyalip jumlah pengguna aktif Snapchat yang kini hanya berkisar di 173 juta.

“Meningkatnya jumlah pengguna membuktikan bahwa interaksi dengan teman dan keluarga lewat Stories kini lebih berarti, ini tandanya baik,” ujar Zuck.