Apps

Aplikasi WhatsApp Business Sudah Tersedia Di Indonesia

WhatsApp sudah menguji aplikasi WhatsApp Business untuk beberapa waktu. Kabar baiknya, aplikasi itu sekarang sudah tersedia. Kabar yang lebih baik lagi, Indonesia termasuk dalam 5 negara pertama yang bisa menggunakan aplikasi tersebut.

WhatsApp mengumumkan hal ini melalui blog resmi mereka. Mereka juga menyebut bahwa berdasarkan hasil studi Morning Consult, 80% UKM di India dan Brazil terbantu oleh WhatsApp dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Apa yang berbeda dari aplikasi WhatsApp Business dengan yang biasa?

Profil Bisnis: Aplikasi ini menyediakan informasi yang lebih resmi, seperti deskripsi usaha, alamat email, alamat toko, dan website.

Alat Pesan: Aplikasi ini memiliki alat pesan cerdas. Termasuk fitur Balas Cepat (Quick Reply) untuk pertanyaan umum (FAQ), Salam untuk menyapa dan memperkenalkan usaha ke pelanggan, dan Pesan Di Luar Jam Kerja untuk memberitahu bahwa kamu sedang sibuk.

Statistik Pesan: Menyajikan data sederhana seperti jumlah pesan yang sudah dibaca untuk mengenali pesan yang efektif dan pelanggan yang aktif.

WhatsApp Web: Aplikasi WhatsApp di browser komputer (kalau belum pernah menggunakannya, kami pernah membahas ).

Tipe Akun: Akun bisnis akan membuat orang mengenali bahwa akun yang kamu pakai adalah akun resmi. Seiring berjalannya waktu sebagian bisnis akan mendapat konfirmasi bahwa nomor telepon akun cocok dengan nomor bisnis sebenarnya.

Selain apa yang disebutkan di atas, kamu tetap bisa menggunakan aplikasi ini seperti WhatsApp biasa. Termasuk mengirim gambar, video, dokumen, dan mengirim lokasi. Kamu juga bisa memblokir nomor dan melaporkan spam.

Salah satu yang menarik dari tersedianya aplikasi WhatsApp Business ini adalah masuknya Indonesia sebagai 5 negara pertama selain Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika. Rilis untuk negara lain sedang dilakukan secara bertahap.

Ya, sebenarnya tidak heran juga. WhatsApp adalah salah satu aplikasi wajib di Indonesia. Hampir semua orang menggunakannya. Bukan apa-apa, lebih murah dari SMS .

Lalu penggunaannya juga sudah lebih dari sekedar kebutuhan pribadi. Coba saja kamu lihat spanduk di jalan. Kalau ada promosi atau iklan, pasti mencantumkan nomor telepon yang menggunakan WhatsApp. Jadi ya pantas saja Facebook (sebagai perusahaan induk WhatsApp) memasukkan Indonesia sebagai negara awal yang menerimanya.

Apakah kamu punya usaha? Kalau iya, silakan unduh dan coba aplikasi WhatsApp Business ini. Saat ini baru tersedia untuk Android. Nah, semoga bisnis lebih lancar dan impian segera tercapai.

Comments
To Top