Tiap kali akan meluncurkan seri iPhone terbarunya, Apple nampaknya memang selalu berhasil menimbulkan euforia dan antusiasme masyarakat dunia melalui berbagai strategi marketingnya. Tak terkecuali untuk iPhone 8 dan iPhone X yang sudah menjadi topik hangat di sepanjang tahun 2017.

Advertisement

Berbeda dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang merupakan lanjutan dari seri reguler iPhone 7 Plus, iPhone X atau yang dibaca sebagai iPhone Ten ini merupakan seri spesial karena dibuat dan diluncurkan dalam rangka merayakan hari ulang tahun Apple yang ke-10.

Resmi dijual di Indonesia pada 22 Desember 2017 kemarin, iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X adalah 3 varian iPhone yang dirilis oleh Apple dalam waktu bersamaan.

Lantas, apa yang membedakan ketiga varian terbaru iPhone yang dibanderol dengan harga fantastis ini?

Layar

iPhone 8 menjadi varian iPhone yang memiliki ukuran layar paling kecil dibandingkan dengan iPhone 8 Plus dan iPhone X, yaitu 4,7 inci. Sementara itu, iPhone 8 Plus memiliki layar berukuran 5,5 inci dan iPhone X sebesar 5,8 inci.

Tak jauh berbeda dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, iPhone 8 masih menggunakan layar tipe LCD Display Retina HD beresolusi 1334 x 750 piksel dengan kerapatan 326 ppi sedangkan iPhone 8 Plus memiliki layar LCD Display Retina HD beresolusi 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan 401 ppi.

iPhone X adalah varian yang mendapatkan layar terbaru yaitu layar OLED full screen dengan teknologi Super Retina HD. Dengan resolusi sebesar 2436 x 1125 pixel dan kerapatan 458 ppi, ketajaman dan kejernihan layar iPhone X dipastikan menjadi yang terbaik di antara ketiganya.

Material Desain

iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X sama-sama didesain dengan menggunakan bahan kaca untuk bagian belakangnya. Sementara pada bagian depan atau frame, iPhone X dibekali dengan bahan stainless steel sedangkan iPhone 8 dan 8 Plus menggunakan bahan alumunium.

iPhone 8 memiliki bobot paling ringan di antara yang lain, yaitu sekitar 148 gram dengan dimensi 38,4 x 67,3 x 7,3 mm. Sementara iPhone 8 Plus dan iPhone X memiliki bobot masing-masing sebesar 202 gram dengan dimensi 158,4 x 78,1 x 7,5 mm dan 174 gram dengan dimensi 143,6 x 70,9 x 7,7 mm.

Dibanderol dengan harga fantastis mencapai Rp 20 jutaan, apakah Anda termasuk yang tertarik memiliki salah satu varian iPhone ini? Jika ya, Anda bisa mengandalkan fasilitas kredit tanpa kartu kredit dengan Kredivo.

Kamera

Untuk kamera belakang, iPhone 8 masih dibekali dengan kamera tunggal 12 megapiksel bukaan atau aperture f/1.8 sedangkan iPhone 8 Plus dan iPhone X sudah menggunakan teknologi kamera ganda (dual camera) masing-masing 12 megapiksel.

Kamera ganda ini dibekali dengan sensor wide-angle bukaan f/1.8 dan sensor telefoto bukaan f/2.8 untuk iPhone 8 Plus dan telefoto bukaan f/2.4 untuk iPhone X. Kamera belakang pada iPhone 8 juga disenjatai dengan fitur OIS dan kapasitas 5x zoom optic atau digital, sementara iPhone 8 Plus dan iPhone X memiliki kemampuan hingga 10x zoom optic atau digital.

Perbedaan paling mencolok dengan iPhone 8 dan 8 Plus, posisi kamera belakang iPhone X berubah menjadi vertikal yang dilengkapi dengan teknologi Dual OIS untuk kedua lensa kamera gandanya.

Untuk kamera depan, ketiga iPhone ini sama-sama dibekali dengan kamera tunggal 7 megapiksel dengan lensa bukaan f/2.2. Keistimewaannya, pada iPhone X, kamera depannya memiliki teknologi TrueDepth yang dilengkapi fitur animoji dan fitur FaceID untuk mengenali wajah. Dengan spesifikasi kamera ini, hasil tangkapan gambar dari ketiga iPhone ini tentu lebih tajam, jernih, dan berwarna.

Untuk kualitas video, ketiga varian iPhone ini memiliki kemampuan untuk merekam video 4K dan video HD 1080 p hingga kecepatan 60 fps dengan 6x zoom optik atau digital.

Tombol Home, Hardware, dan Software

Terkenal dengan desain tombol home bulatnya yang khas dan klasik, kali ini, hanya iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang masih mempertahankan keberadaan tombol home. Pada iPhone X, bagian depan terisi dengan layar full screen dan bezeless tanpa tombol home.

Penghilangan tombol home ini sekaligus menghilangkan pemindai sidik jari atau TouchID pada iPhone X. Namun, jangan khawatir, Apple menggantinya dengan fitur keamanan pemindai wajah atau Face ID yang didukung dengan teknologi TrueDepth pada kamera depannya.

Teknologi teranyar tersebut membuat kamera depan iPhone X dapat mengambil gambar dalam mode portrait lengkap dengan fitur portrait lightning-nya. Menariknya, fitur ini juga bisa menganalisis dan membaca lebih dari 50 pergerakan wajah untuk kemudian diubah menjadi animoji atau animasi emoji.

Tiga varian iPhone ini sama-sama dibekali dengan prosesor terbaru A11 Bionic dan prosesor pendamping M11 dengan sistem operasi iOS 11. Dengan spesifikasi ini performa dan daya tahan baterai pada iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X akan menjadi lebih maksimal dan efisien. Sementara itu, untuk ketahanannya terhadap air dan debu, ketiga iPhone ini telah memiliki sertifikasi level IP67 menurut standar IEC 60529.

Warna & Harga

Sama-sama hadir dalam 2 versi ROM atau memori internal yaitu 64 dan 256 GB, iPhone 8 dan 8 Plus memiliki 3 varian warna, yaitu gold, space grey, dan silver. Sementara iPhone X hanya memiliki 2 varian warna saja, yaitu silver dan space grey.

Untuk pasar Indonesia, iPhone 8 versi 64 GB dibanderol dengan harga sekitar Rp 12 juta ke atas sedangkan versi 256 GB dibanderol dengan harga sekitar Rp 15 juta ke atas. Sementara itu, iPhone 8 Plus versi 64 GB dibanderol dengan harga sekitar Rp 14 juta ke atas sedangkan versi 256 GB dibanderol dengan harga sekitar Rp 17 juta.

Harga terfantastis tentunya dimiliki oleh iPhone X, yaitu sekitar Rp 17 juta untuk versi 64 GB dan sekitar Rp 20 juta untuk versi 256 GB.