Kemarin, bocoran mengenai kapasitas baterai Samsung Galaxy S9 dan S9+ hadir melalui Badan Regulasi Telekomunikasi Brazil, ANATEL. Bocoran ini terlihat melalui dokumen sertifikasi dari Samsung untun Galaxy S9 dan S9+ mereka.

Advertisement

Dalam merilis sebuah smartphone, tentu pihak perusahaan harus meminta izin kepada pihak regulasi telekomunikasi di tiap-tiap negara. Mereka juga harus memperlihatkan beberapa aspek (tentunya spesifikasi) yang ditentukan oleh masing-masing negara.

Dalam hal ini, Samsung meminta izin kepada ANATEL untuk merilis Samsung Galaxy S9 dan S9+ di Brazil.

Sertifikasi yang bocor tidak menunjukkan keseluruhan isi spesifikasi dari Galaxy S9 dan S9+, hanya spesifikasi kapasitas baterainya saja.

Ini merupakan info penting bagi para penggemar Samsung khususnya karena sebelumnya bocoran spesifikasi di box Galaxy S9 yang sudah kami beritakan sebelumnya tidak menunjukkan kapasitas baterainya.

Hal ini yang membuat banyak orang bertanya-tanya, dan mereka bisa mendapatkan jawabannya melalui bocoran ini.

Kapasitas baterai Samsung Galaxy S9 dan S9+ adala 3.000 mAH untuk Galaxy S9 dan 3.500 mAH untu Galaxy S9+. Ini merupakan kapasitas baterai yang Samsung perkenalkan untuk Galaxy S8 dan S8+ tahun lalu.

Lalu dari informasi ini apa yang bisa kita cerna? Jika kamu sudah mengikuti perkembangan spekulasi dan bocoran dari flagship smartphone terbaru Samsung ini, maka kamu sudah mengetahui bahwa Galaxy S9 akan dilengkapi dengan processor Qualcomm Snapdragon 845 yang diduetkan dengan RAM 6 GB.

Galaxy S9 juga dirumorkan memiliki dua kamera belakang. Jika memang benar akan memiliki dua kamera belakang, maka penulis tak heran Samsung mengorbankan kapasitas baterai.

Beda ceritanya jika memang Samsung tidak menambahkan dual kamera di Galaxy S9 dan memiliki kapasitas baterai yang sama dengan pendahulunya.

Tuntutan masyarakat akan inovasi baru pada produk-produk baru semakin tinggi dan Samsung harus menunjukkannya melalui Galaxy S9. Jika memang tidak ada perubahan yang signifikan pada Galaxy S8 dan S9, maka setidaknya Samsung tidak seharusnya menaikkan harga rlisnya.

Hal ini penulis juga ragukan dan yakin Galaxy S9 akan memiliki sebuah fitur baru. Karena jika tidak, maka nama baik Samsung bisa tercemar.