Bagi Anda penggemar berat Nokia, mungkin tidak asing dengan seri Asha. Seri tersebut sempat populer karena desainnya yang berwarna-warni dan sistem operasi yang terbilang canggih di masanya.

Advertisement

Kini, HMD Global selaku pemegang lisensi smartphone Nokia, mencoba untuk menghidupkan kembali seri tersebut. Informasi itu terkuak setelah HMD Global diketahui sudah mendapatkan merek dagang Asha dari Lembaga Kekayaan Intelektual Eropa (EUIPO).

Berdasarkan informasi EUIPO, merek dagang Asha dapat digunakan di ponsel dan ponsel pintar. Jadi, kemungkinan besar HMD Global akan menggunakan nama Asha untuk produk smartphone terbarunya.

Pada masa jayanya, Nokia Asha Nokia adalah ponsel berfitur cerdas yang berjalan di Asha Software Platform dan menjembatani kesenjangan antara feature phone dan ponsel pintar.

Nokia Asha sempat hadir dalam beberapa seri, seperti 200, 300, dan 500. Beberapa seri ponsel Asha sudah membawa kemampuan kamera dan WiFI.

Belum diketahui spesifikasi yang akan disematkan HMD Global untuk seri Asha. Selain itu, belum ada informasi resmi mengenai tanggal peluncuran seri ini.

Selain Asha, HMD Global memiliki beberapa rencana besar untuk tahun ini. Kabarnya, HMD Global akan meluncurkan Nokia 1 yang akan berjalan di platform Android Go. Nokia 1 sendiri digadang-gadang menjadi ponsel Android termurah dari Nokia.