Organisasi non-pemerintah Cina yang menamakan dirinya Shanghai Consumer Council mengirimkan surat kepada Apple awal pekan ini terkait pengakuan mereka yang sudah dengan sengaja menurunkan performa iPhone menjadi lebih lemot lewat update iOS.

Advertisement

Dalam suratnya sebagaimana dilansir Reuters dari kantor berita Xinhua, Shanghai Consumer Council mendesak Apple untuk memberikan penjelasan terkait hal tersebut paling lambat sebelum hari Jumat, pekan ini.

Pencipta iPhone asal Cupertino, California, tersebut juga didesak untuk memberikan informasi tentang apa rencana mereka ke depannya untuk memperbaiki permasalahan tersebut.

In a letter to Apple on Monday, the council requested an explanation for the slow-down and information about what Apple planned to do to rectify the problem, Xinhua reported.

Untuk saat ini, hanya penjelasan dan perbaikan masalah yang diminta organisasi tersebut. Tidak diketahui apakah, organisasi yang kabarnya menerima 2.615 keluhan dari konsumen tentang produk Apple di 2017 itu bakal mengajukan gugatan hukum kepada Apple.

Apple sendiri sudah meminta maaf pada para pengguna karena sudah membikin iPhone menjadi lemot. Namun bukan tanpa pertimbangan yang baik, mereka melakukannya demi memperpanjang usia perangkat.

Sebagai permintaan maaf, Apple meluncurkan program penggantian baterai buat iPhone 6 dan lebih baru dengan harga hemat pada awal bulan ini. Penggantian baterai iPhone dikenakan biaya cuma $29 dari sebelumnya $79.