Tips & trik

Cara Paling Mudah Menghapus Cache Aplikasi Di Smartphone Android

Sama seperti ketika menggunakan komputer, aplikasi di android juga akan menumpuk cache seiring dengan pemakaian. Cache ini fungsinya untuk mempercepat kinerja aplikasi agar tidak selalu memuat file-file yang dibutuhkan. Tapi jika sudah terlalu menumpuk, cache bisa membuat sempit penyimpanan internal smartphone. Tentu menjadi masalah tersendiri bagi pengguna smartphone berpenyimpanan internal rendah.


Solusinya, kamu bisa menghapus cache di aplikasi. Terutama pada aplikasi-aplikasi yang memang suka menumpuk cache. Beberapa aplikasi tersebut biasanya adalah aplikasi sosial media, pesan instan, dan semacamnya.

Nah, biar penyimpanan smartphone kamu tidak penuh oleh cache, lebih baik dihapus saja. Ikuti caranya dibawah ini.

Masuk ke menu “Setelan”.

Lalu pilih opsi “Aplikasi terinstall”.

Kemudian akan muncul deretan nama aplikasi yang terinstall di smartphone kesayangan kamu. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya.


Kemudian gulir ke bawah sampai kamu menemukan tombol “Hapus cache”. Sentuh tombol tersebut untuk menghapus cache aplikasi tersebut.

Dari halaman diatas kamu juga bisa melihat berapa jumlah cache yang telah disimpan oleh aplikasi tersebut. Pada aplikasi yang saya pilih, aplikasi tersebut telah menyimpan cache sebesar 65MB. Cukup besar ‘kan?

Bayangkan kalau ada 10 aplikasi yang juga menyimpan cache dengan jumlah yang sama. Maka sudah ada 650MB cache yang tersimpan. Kalau dihapus lumayan juga ‘kan, bisa buat menyimpan video dan foto-foto mantan.

Comments
To Top