Firma riset Counterpoint Research merilis daftar 10 smartphone paling laris sepanjang 2017 di Cina. Dan Apple dinobatkan sebagai satu-satunya merek asing yang berhasil masuk dalam daftar tersebut.

Advertisement

Seperti dilansir dari CNBC, ada dua ponsel pintar dari Apple yang masuk dalam daftar smartphone paling laris di Cina sepanjang 2017 yaitu iPhone 7 Plus dan iPhone 7. iPhone yang diluncurkan pada 2016 lalu itu masing-masing berada di peringkat 2 dan 5.

iPhone 7 Plus dan iPhone 7 disebutkan menguasai pangsa pasar gabungan sebesar 5,2 persen. Secara rinci, pangsa pasar iPhone 7 Plus sebesar 2,8 persen dan 2,4 persen buat iPhone 7.

Merek Apple di Cina jauh lebih baik dibandingkan Samsung dan pabrikan ponsel asing lainnya dari Korea Selatan atau Jepang. Pasalnya, daftar tersebut didominasi merek-merek smartphone dari pabrikan ponsel lokal.

Oppo dengan model smartphone buatannya, R9, berhasil meraih peringkat pertama daftar smartphone paling laris di Cina. Pangsa pasar smartphone dari Oppo tersebut menguasai pangsa pasar sebesar 3 persen.

Di peringkat 3 dalam daftar yang sama ada Vivo X9 dan di peringkat 4 ada Oppo A57. Sisanya diisi smartphone-smartphone merek Xiaomi dan Huawei. Berikut daftar 10 smartphone paling laris 2017 di Tiongkok:

▪ Oppo R9s

▪ iPhone 7 Plus

▪ Vivo X9

▪ Oppo A57

▪ iPhone 7

▪ Oppo R11

▪ Vivo Y66

▪ Honor 8 Lite

▪ Xiaomi RedMI Note 4X

▪ Honor Enjoy 6X

Apple sendiri sudah meluncurkan iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus. Tentunya, ini perlu waktu beberapa lama bagi ketiga model iPhone baru tersebut menarik minat dari konsumen khususnya di Cina.

Namun bukan tanpa kendala, iPhone X menjadi model yang dijual paling mahal di antara model iPhone lainnya. Sehingga tak mengejutkan jika iPhone generasi sebelumnya adalah model yang laris manis karena harganya lebih murah.