Pembaruan operating system (OS) bertujuan untuk memperbaiki kinerja perangkat dari sebelumnya. Tapi tak semua pembaruan tersebut berujung positif, seperti yang dialami pengguna iPhone dengan iOS 11.

Advertisement

Usut punya usut, ternyata iPhone lama yang tak cocok dengan OS terbaru Apple tersebut. Karena perangkat bekerja tak seperti harapan, banyak pengguna -khususnya iPhone edisi lawas- akhirnya memilih kembali ke seri iOS sebelumnya.

Laman Phone Arena menyebutkan, banyak pengguna yang beralih kembali ke iOS 10. Ada laporan di laman Reddit, bahwa beberapa pengguna berhasil menginstal iOS 9 dan beberapa lagi bahkan ada pula pengguna iPhone yang kembali memanfaatkan iOS 6.1.3.

Kekecewaan pengguna terhadap iOS 11 juga dipicu fakta OS itu dengan sengaja dan mendapat izin dari Apple untuk menekan kinerja baterai. Di samping itu, iOS terbaru diduga juga membuat perangkat keras yang sebelumnya lebih mudah mendapatkan sesuatu dari aplikasi tanpa persetujuan.

Tak heran, belakangan ini pemilik iPhone yang lebih tua (iPhone 6 ke atas) lebih merindukan menggunakan OS lamanya ketimbang yang baru. Di samping lebih nyaman juga tak mengganggu kinerja perangkat.