Berita

Cara Kerja Wifi di Dalam Pesawat

Dulu jika bepergian dengan menggunakan pesawat, sangat dilarang untuk menyalakan gadget atau sejenisnya. Karena pesawat harus bebas dari gangguan sinyal sekecil apa pun. Karena sedikit saja gangguan dapat mengakibatkan kecelakaan yang fatal. Hal ini dilakukan agar komunikasi antara pilot dengan petugas di bandara harus tetap terjaga dengan baik. Namun akhir-akhir ini justru sudah banyak maskapai penerbangan yang menyediakan fasilitas wifi pada armadanya, bagaimanakah cara kerjanya?

Salah satu teknologi wifi yang berada pada pesawat adalah Air-toGround (ATG). Teknologi ATG ini membutuhkan paling tidak 2 antena yang terpasang di badan pesawat. Ketika pesawat berada pada ketinggian tertentu dan seorang pramugari/pramugara menyalakan teknologi ini, maka antena yang terpasang tadi akan menarik sinyal. Sinyal yang ditarik merupakan sinyal yang dipancarkan oleh menara seluler yang berada di daratan.

Kecepatan Wifi dari teknologi ini dapat mencapai 3Mbps. Kecepatan seperti itu sebenarnya sudah cukup jika digunakan hanya sekedar untuk chatting atau membuka sosial media. Namun teknologi ini juga akan mengalami kendala jika pesawat melintasi lautan, karena pesawat kesulitan untuk menangkap sinyal.

Maskapai yang sudah menggunakan teknologi wifi pada pesawat yaitu Virgin America. Untuk dapat mendapatkan fasilitas ini, tentu akan ada biaya tambahan bagi penumpang.

Comments
To Top