Jika laporan yang baru dipublikasikan pekan ini valid, maka Facebook akan memasuki bisnis hardware tahun ini. Perangkat pertama besutan raksasa media sosial itu akan dinamakan Portal, produk rumahan untuk video chat.

Dilansir dari Cheddar (9/1/2018), produk ini dirancang untuk rumah dan dimaksudkan untuk membantu keluarga tetap terhubung melalui video chat dan penggunaan platform media sosial lainnya. Portal diprediksi akan diluncurkan dalam konferensi pengembang tahunan perusahaan pada bulan Mei dan akan mulai didistribusikan pada paruh kedua tahun ini.

Portal akan mirip dengan speaker pintar Amazon Echo Show, yang menampilkan layar 7 inci. Perangkat Facebook akan memiliki kamera sudut lebar yang bisa mengenali wajah dan mencocokkannya dengan akun Facebook mereka.

Dibandingkan dengan Echo Show, Portal akan dijual jauh lebih mahal. Facebook diperkirakan akan menjajakan Portal dengan banderol $499 atau sekitar Rp6,7 juta, dua kali lipat dibandingkan dengan harga Amazon Echo Show sebesar $230 atau setara Rp3 juta.

Facebook bisa saja berubah pikiran dan menurunkan harga Portal saat perangkat nantinya benar-benar dirilis guna menarik minat dari konsumen untuk membelinya.

Facebook menolak berkomentar mengenai laporan ini, namun CEO Mark Zuckerberg dilaporkan telah mengatakan kepada karyawannya kalau dia tidak peduli apakah Portal akan menghasilkan keuntungan atau tidak, selama itu mendorong pemilik untuk menggunakannya seperti smartphone untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga.

Sumber: Cheddar