Facebook, sosial media yang memiliki jumlah pengguna paling banyak didunia ini baru saja mematikan salah satu fitur canggihnya berbasis asisten virtual yang diberi nama ‘M’. wah ada apa ya?

Advertisement

Rencananya, asisten virtual yang dirilis pada tahun 2015 tersebut akan mulai tak bisa digunakan pada tanggal 19 Januari 2018 mendatang. Perlu diketahui, asisten virtual ‘M’ ini merupakan sebuah kecerdasan buatan yang dilatih dan juga diawasi oleh manusia dalam pekerjaannya.

Dan M ini tidak berdiri sendiri, melainkan ada didalam aplikasi Messenger milik Facebook. Namun kenyataanya, hingga kini M tidak benar-benar menjadi bagian dari pengguna Messenger semenjak ia diperkenalkan dahulu.

Dari data yang tercatat, M ini hanya tersedia untuk sekitar 2 ribu pengguna saja yang berada di California. Padahal faktanya saat ini pengguna Messenger dari Facebook sudah mencapai 1.3 juta orang secara global. Seperti diberitakan The Verge, tim yang berada dibalik M akan diberikan tugas lain nantinya.

“Kami meluncurkan proyek ini untuk mempelajari apa yang dibutuhkan pengguna dengan asisten virtual, dan kami sudah banyak belajar,” ucap pihak Facebook.

Meskipun begitu, bukan berati hasil dari proyek M ini akan mereka tinggalkan begitu saja. Pihak perusahaan sosial media yang juga pemiliki Instagram dan Whatsapp ini mengungkapkan, jika pihaknya bakal memanfaatkan data dari M tersebut untuk mendukung proyek kecerdasan buatan lain dari pihak perusahaan nanti.

Perlu diketahui, jika perusahaan Facebook memang diketahui sedang serius mengerjakan proyek berbasis kecerdasaan buatan. Dan sejak 2013 lalu, raksasa sosial media tersbeut kini sudah membuka empat laboratorium untuk kecerdasan buatan ini di beberapa negara.

Dan mereka memanfaatkan kecerdasan buatan tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam berbagai layanan nanti, dan salah satunya adalah Messenger. Pihak perusahaan juga memanfaatan kecerdasan buatan ini untuk mendukung pengalaman dalam memakai headset virtual reality Oculus rift.