Tips & trik

7 Hal yang Harus Anda Lakukan Untuk Keamanan Komputer

Walaupun smartphone saat ini sudah semakin canggih, masih banyak orang yang memilih komputer daripada smartphone untuk bekerja, menonton film atau yang lainnya. Alasannya adalah karena komputer memiliki layar yang lebih besar dibandingkan smartphone.

Tapi, tahukah kalian? Ketika komputer terhubung ke internet bisa menjadi bahaya, jika kalian tidak hati-hati saat memakainya. Privasi dan data pada komputer bisa terancam karenanya. Kali ini, Selular.ID akan membagikan cara agar keamanan komputer kalian meningkat.

1 Pakai Antivirus

Bagi kalian yang sudah menggunakan Windows 10, maka tidak usah repot-repot mengunduh antivirus lagi, karena Windows 10 sudah memiliki antivirus bawaan di dalamnya. Kalian juga bisa menambahkan antivirus lain seperti Kaspersky, AVG, Avast dan lainnya agar data-data di dalam komputer menjadi lebih aman.

2 Gantilah Password Minimal 6 Bulan Sekali

Hal yang satu ini wajib banget kalian lakukan. Demi menjaga akun email atau akun yang lainnya agar tetap aman, gantilah password secara berkala. Agar mudah dalam mengingatnya, Gantilah semua password akun kalian dengan password yang sama.

3 Hati-hati Saat Melakukan Pembayaran Secara Online

Jangan pernah berikan data pribadi dan nomor rekening kalian saat sedang berbelanja online, kerana ini bisa saja menyebabkan penipuan. Jika kalian menggunakan sistem rekening bersama saat melakukan pembayaran pada sebuah platform e-commerce, pilihlah platform yang sudah terpercaya saja.

4 Jangan Pernah Buka Pesan Spam di Media Sosial

Pesan spam biasanya berisi promosi dan iklan yang menarik. Tapi, jangan sesekali kalian membukanya apalagi meng-klik link yang ada di dalam  pesan spam tersebut. Ini Jelas sangat membahayakan karena kita tidak tahu dari mana pesan itu berasal.

5 Selalu Backup Data-Data Penting

Kalian pasti sering menyimpan data-data atau dokumen kalian secara offline pada penyimpanan yang sudah tersedia. Sebaiknya, backup jugalah data dan dokumen kalian ke penyimpanan secara online seperti Google Drive, DropBox dan lainnya.

Dengan begitu kalian sudah tidak perlu khawatir jika suatu saat data yang disimpan offline mengalami masalah seperti terkena virus, file korup dan sebagainya, karena seluruh data-data tersebut sudah mempunyai backupnya.

6 Rajinlah Memperbarui Aplikasi dan Sistem Operasi

Setiap update aplikasi atau sistem operasi pasti semuanya membawa sesuatu yang baru seperti fitur baru, tampilan antarmuka baru, dan pasti juga membawa sistem keamanan yang lebih mumpuni dari sebelumnya.

Jadi janganlah malas untuk memperbaruinya yah. Bukannya menjadi lelet atau berat, ini justru akan membuat performa komputer kalian semakin meningkat.

7 Gunakan Incognito Mode Saat Menggunakan Komputer Lain

Jika kalian ingin membuka email, atau media sosial menggunakan komputer orang lain, sebaiknya, gunakanlah mode incognito agar semua kegiatan yang dilakukan tidak tercatat di dalam histori browser yang digunakan. Data-data kalian juga tidak akan tersimpan saat menggunakan mode ini.

Semua hal diatas sangat mudah untuk dilakukan, dan hal mudah tersebut dapat membuat komputer kalian aman dari berbagai gangguan.

Comments
To Top