Terkadang Anda memiliki email/dokumen/gambar atau file lain yang terlalu sensitif untuk dilihat orang lain. Anda jadi sungkan untuk meminjamkan ponsel pada orang lain. Atau Anda menginstal aplikasi yang tidak ingin diketahui orang lain. Tentunya Anda ingin menyembunyikan berbagai file atau aplikasi tersebut supaya tidak terlihat oleh orang lain.

Advertisement

Cara terbaik supaya Anda memiliki kendali penuh akan file dan aplikasi apa saja yang dapat dilihat oleh pihak lain adalah dengan me-rooting perangkat Android Anda. Namun jika Anda memilih untuk tidak melakukannya, ada juga beberapa cara lain selain rooting.

Dasar-dasar menyembunyikan file dan aplikasi Anda

Saat beberapa produsen yang menambahkan fitur ‘ruang penyimpanan’ untuk menyediakan ruang yang aman pada perangkat. Bagaimanapun, Android secara default belum begitu bagus dalam menghadapi kebutuhan untuk secara selektif menampilkan file dan folder, bahkan hingga versi Android Nougat.

Yang dapat dilakukan oleh para pengguna Android versi apapun untuk keamanan privasi dasar adalah mengubah nama folder yang menyimpan konten yang ingin disembunyikan. Jadi jika Anda ingin menyembunyikan gambar, buka file explorer (ada di dalam Android Marshmallow dan Nougat), pilih folder dengan gambar yang ingin disembunyikan dan ganti namanya. Gambar atau file tersebut tidak akan muncul lagi.

Namun tentu gambar atau file Anda tidak sepenuhnya tersembunyi. Android tidak secara otomatis menarik informasi ke tampilan Anda lagi, namun jika ponsel Anda hilang, file tersebut masih dapat diakses sepenuhnya. Anda pun dapat menyembunyikan aplikasi pra-instal yang mengganggu yang disertakan dengan ponsel Anda namun tidak dapat diuninstal tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Untuk melakukannya, Anda perlu menavigasi ke Pengaturan> Aplikasi dan kemudian memilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Jika Anda tidak bisa menghapusnya, biasanya Anda dapat menonaktifkannya.

Sembunyikan aplikasi Anda

Jika Anda ingin sekedar menyembunyikan aplikasi Anda, salah satu cara termudah adalah menginstal launcher bukan bawaan (dengan asumsi produsen Anda belum memberikan opsi asli untuk menyembunyikan aplikasi). Salah satu yang terbaik di Play Store adalah Nova Launcher.

Anda memerlukan upgrade Prime berbayar dari Nova Launcher untuk membuka opsi untuk menyembunyikan aplikasi. Jika Anda membelinya, Anda dapat menavigasi ke Nova Launcher> pengaturan Nova> Laci Aplikasi & Widget lalu gulir ke bawah ke daftar kelompok Laci> opsi Sembunyikan aplikasi.

Apex Launcher adalah pilihan populer lainnya yang memiliki fitur menyembunyikan aplikasi, dan aplikasi ini tidak memerlukan upgrade berbayar untuk mengakses fitur ini. Cukup buka Pengaturan> Pengaturan Laci> Aplikasi tersembunyi untuk mengontrol apa saja yang terlihat di laci aplikasi Anda.

Kunci aplikasi Anda

Jika Anda tidak ingin merasa bingung dengan harus menyembunyikan file dan aplikasi Anda dan hanya ingin agar orang lain tidak dapat membukanya walau dalam keadaan terlihat, maka Anda harus mengunci file dan aplikasi tersebut. Opsi gratis terbaik yang tersedia di Play Store adalah AppLock.

Selain dapat mengunci aplikasi dan item lainnya, AppLock memiliki fitur berguna yang memungkinkan Anda mencegah aplikasi tersebut diuninstal. Setelah Perlindungan Lanjutan ini diaktifkan, Anda harus menggunakan kata sandi yang Anda tetapkan untuk menguninstal aplikasi. Anda juga dapat menonaktifkan Perlindungan Lanjutan saat Anda tidak perlu menggunakannya. Versi lain dari aplikasi ini yaitu AppLock Fingerprint mengharuskan Anda menempelkan sidik jari Anda saat hendak membuka aplikasi yang telah Anda pilih untuk Anda lindungi.

Gunakan mode incognito

Selain beberapa usaha di atas, ada pula beberapa aplikasi yang secara terselubung dapat membantu Anda menyembunyikan file dan aplikasi yang tidak ingin dilihat oleh pihak lain.

Hide It Pro menggunakan ikon yang menggambarkannya sebagai ‘pengatur audio’ dan saat Anda membuka aplikasi, yang Anda lihat adalah berbagai pengaturan audio. Tekan dan tahan logo aplikasi tersebut dan Anda dapat mengakses bagian yang aman dari ponsel Anda di mana semua file, aplikasi, dan konten lain yang tersembunyi dapat ditemukan.

Hide It Pro juga memberikan fitur lain seperti enkripsi file dan pesan dan penjelajahan aman, namun Anda harus menginstal add-on untuk dapat menggunakannya. Pilihan lainnya adalah Smart Hide Calculator, yang berfungsi penuh sebagai kalkulator namun dapat juga menyembunyikan file, aplikasi, gambar, video dan lainnya menggunakan kata sandi.

Untuk mengakses ruang penyimpanan Anda, Anda harus memasukkan kata sandi yang Anda buat saat pertama kali membuka aplikasi dan menekan tombol sama. Jika Anda ingin menggunakan Smart Hide Calculator untuk menyembunyikan aplikasi Anda, Anda memerlukan ponsel Android yang di-rooting.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir lagi akan ada orang yang secara tidak sengaja melihat file pribadi dalam ponsel Anda. Selamat mencoba.