Apple hari ini merilis update iOS 11.2.2 bagi pengguna umum. Bagi kamu yang sudah menggunakan iOS 11 di perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch, silakan segera update ya! Gunakan pengaturan Settings – General – Software Update untuk mengunduh update ini langsung di perangkat iOS. Cara lain yang dapat digunakan adalah update lewat perangkat iTunes atau Restore via iTunes jika diperlukan. Update ini hanya fokus pada peningkatan keamanan saja dan direkomendasikan untuk semua pengguna. Apple juga menjelaskan pada laman security content iOS 11.2.2 bahwa update ini menutup celah keamanan ‘Spectre’ yang sempat ramai beberapa waktu lalu.

Advertisement

Description: iOS 11.2.2 includes security improvements to Safari and WebKit to mitigate the effects of Spectre (CVE–2017–5753 and CVE–2017–5715).

Bagi kamu yang belum tahu, ‘Meltdown’ dan ‘Spectre’ adalah celah keamanan berbasis memori kernel yang dapat menyerang semua jenis komputer dengan CPU Intel dan perangkat mobile devices yang menggunakan CPU berbasis ARM (perangkat iOS salah satunya). Apple memang sudah menutup celah keamanan untuk ‘Meltdown’ di iOS 11.2.1 dan macOS 13.2.1. Sesuai dengan catatan sebelumnya, Apple berjanji untuk segera memberikan perbaikan tambahan untuk menutup celah keamanan ‘Spectre’ di perangkat iOS dan macOS – khususnya pada WebKit untuk peramban Safari.