Berita

Penundaan Produk Apple di Era Tim Cook Lebih Banyak Dibanding Steve Jobs

Wall Street Journal menurunkan berita menarik mengenai jumlah produk Apple yang mengalami penundaan peluncuran di era kepemimpinan CEO Apple Tim Cook dibandingkan pendahulunya, Steve Jobs (alm.).

Dalam laporan itu seperti dilansir 9to5Mac, jumlah produk Apple yang mengalami penundaan di bawah kepemimpinan Tim Cook tercatat dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan saat Apple dipimpin Steve Jobs, yang meninggal pada 2011 lalu.

Lima dari 70 produk baru termasuk update produk yang diluncurkan selama masa jabatan Tim Cook ditunda peluncurannya selama tiga bulan atau lebih dari tanggal pengumumannya. 9 produk ditunda antara 1 – 3 bulan.

Sementara itu di bawah kepemimpinan Steve Jobs, Apple hanya menunda satu peluncuran produk lebih dari tiga bulan. Tujuh produk ditunda antara 1 – 3 bulan setelah pengumuman dilakukan.

Selama Tim Cook memimpin Apple selama lebih dari 6 tahun terakhir, penundaan peluncuran produk baru atau update produk baru rata-rata memakan waktu hingga 23 hari. Sedangkan waktu rata-rata penundaan produk Apple di bawah Steve Jobs hanya 11 hari.

Apple Watch, AirPods, dan HomePod adalah tiga produk baru terbesar yang mengalami penundaan peluncuran di masa kepemimpinan Tim Cook. Bahkan AirPods dan HomePod melewatkan musim belanja yang sangat penting untuk penjualan Apple.

Penundaan peluncuran yang lebih lama dari tanggal pengumuman diklaim berpotensi menurunkan penjualan dan memicu kekecewaan konsumen. Selain itu, hal tersebut dinilai memberikan peluang kepada para pesaing Apple untuk bereaksi. Padahal, mereka kerap berusaha untuk mempersingkat waktu peluncuran dari pengumumannya.

Meskipun penundaan peluncuran produk di bawah kepemimpinannya lebih banyak, Tim Cook dalam pengukuran yang lain menunjukkan kinerja yang sangat bagus. Pendapatan Apple naik dua kali lipat dan harga saham memecahkan rekor dengan kenaikan tiga kali lipat dalam 6 tahun terakhir.

Apalagi pada kuartal terakhir 2017 atau kuartal pertama 2018, pendapatan dan penjualan Apple diprediksi bakal menembus rekor baru. Mereka memprediksikan mengantongi pendapatan antara $84-$87 miliar di periode tersebut.

Masih dalam laporan yang sama, Apple disebutkan akan menghadapi tantangan yang lebih berat di masa mendatang. Yaitu mempersingkat waktu peluncuran produk, menambah jumlah basis pengguna menjadi lebih besar, memperbesar manufaktur dengan memasok komponen dari banyak supplier.

Comments
To Top