Tips & trik

Jenis Layar Smartphone yang Harus Kalian Ketahui

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan smartphone yang menggunakan layar sentuh. Layar sentuh  bekerja untuk mengatur sebuah informasi yang ditampilkan dalam bentuk visual.

Sekarang, sudah banyak model dan jenis smartphone yang beredar dipasaran. Dengan banyaknya smartphone saat ini, banyak juga jenis layar yang dibuat untuk mendukung kinerjanya.

Bagi kalian yang sering mengganti smartphone atau ingin membeli smartphone baru, maka tidak salah jika harus tau jenis-jenis layarnya. Ada beberapa jenis layar yang sering digunakan diberbagai model smartphone, antara lain LCD, TFT, IPS, OLED, AMOLED, Super AMOLED, Retina, dan Haptic.

Setiap jenis layar memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut Selular.ID rangkum jenis-jenis layar pada smartphone:

1 LCD (Liquid Crystal Display)

Sama seperti arti dari kepanjangannya, layar ini terbuat dari kristal cair sehingga tidak terlalu memakan banyak daya untuk penggunaannya. Layar ini mampu menerangi seluruh tampilan yang dibantu oleh cahaya dari latar belakang, sehingga sangat membantu jika sedang digunakan dibawah sinar matahari langsung.

2 TFT LCD (Thin Film Transistor)

Tipe yang satu ini merupakan cabang dari LCD yang dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik, dan juga resolusi yang lebih tinggi. Sayangnya, TFT belum berfungsi dengan baik saat digunakan dibawah sinar matahari langsung.

Selain itu, jenis layar ini juga banyak mengonsumsi baterai dan juga memiliki batas sudut pandang yang kurang baik. Pastinya jenis layar ini tidak cocok bagi kalian yang menginginkan smartphone dengan daya tahan yang lebih lama.

3 IPS LCD (In Place Switching)

Dibandingkan layar TFT, layar ini memiliki sudut pandang yang lebih luas. Selain itu juga memiliki kemampuan untuk menggunakan daya yang lebih sedikit, sehingga tidak begitu menguras banyak daya.

4 OLED (Organic Light Emitting Diode)

Layar ini banyak digunakan pada smartphone saat ini. Layar OLED memiliki banyak keunggulan dibandingkan layar LCD, warna yang dihasilkan pun lebih banyak.

Jenis layar ini juga memiliki ketajaman warna yang sangat baik, dan kecepatan respon yang dihasilkan sangat cepat, serta memiliki sudut pandang yang lebih luas dari layar IPS.

5 AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode)

Hampir sama dengan layar OLED, hanya saja jenis layar ini dapat menghasilkan warna yang lebih jelas dan terang,  gambar yang dihasilkan lebih tajam dan tentunya lebih hemat baterai. Layar AMOLED biasa digunakan pada smartphone kelas menengah ke atas seperti Samsung, iPhone, dan lain-lain.

6 Super AMOLED (Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode)

Super AMOLED adalah hasil dari pengembangan layar AMOLED yang dibuat oleh perusahaan asal Korea Selatan, Samsung. Ini memiliki ukuran yang lebih tipis dan mempunyai sensor sentuh sendiri untuk menciptakan sentuhan yang sensitif.

7 Retina

Layar ini adalah hasil buatan dari perusahaan teknologi terbesar di US, Apple.  Bisa dibilang adalah yang paling bagus dari semua layar smartphone. Saking bagusnya, kerapatan pixel pada layar ini cukup sulit untuk dideteksi kepastiannya. Mungkin ini pula yang menjadikan layar Retina lebih baik dari semua jenis layar.

Layar Retina mampu memberikan gambar yang ekstra tajam dan warna yang sangat jelas. Jenis layar ini hanya dipakai perangkat milik Apple saja, dan sudah mulai dipakai untuk iPhone generasi ke-4 sampai generasi yang paling baru saat ini.

8 Haptic

Haptic dapat memberikan konfirmasi yang jelas kepada penggunanya saat memberikan umpan balik dan tindakan ketika disentuh. Layar ini hanya digunakan pada dua platform, yaitu Blackberry dan Nokia.

Itulah jenis-jenis layar yang kalian harus ketahui. Jika kalian sudah mengetahuinya, hal ini akan sangat berguna disaat ingin membeli baru ataupun ingin mengganti smartphone lama. Jadi, jenis layar mana yang terbaik menurut kalian?

Comments
To Top