Berita

Laporan dari Taiwan Kuatkan Rumor Soal Kedatangan iPhone SE 2 di 2018

Desas-desus mengenai bakal hadirnya iPhone SE generasi kedua tahun ini kembali mengemuka di dunia maya. Kabar terbaru datang dari sebuah firma riset yang berbasis di Taiwan, TrendForce.

Seperti dilansir MacRumors, TrendForce dalam laporan terbarunya soal prediksi pertumbuhan produksi smartphone di 2018, Apple menyebutkan Apple memang berencana meluncurkan suksesor dari iPhone buat segmen pasar kelas menengah tersebut.

Laporan dari TrendForce menguatkan rumor dari Economic Daily News sebelumnya. Rumor itu menyebutkan Apple sedang mengerjakan iPhone SE generasi baru. Lebih lanjut, Apple bakal memproduksinya melalui manufaktur rekanannya di India, Wistron.

Menurut rumornya, Apple bakal meluncurkan iPhone SE generasi baru pada semester awal 2018. Kemungkinan bakal diumumkan pada special event yang digelar pada musim Semi mendatang, seperti pendahulunya yang diumumkan Maret 2016.

Sayangnya, tidak banyak diketahui mengenai spesifikasi yang bakal diusung iPhone SE 2. Namun beredar bocoran menyebutkan Apple bakal menyematkan mesin iPhone 7 di iPhone SE baru tersebut.

Masih dalam laporannya, TrendForce mengungkapkan soal lini iPhone 2018 lainnya. Mereka mengatakan iPhone 2018 bakal hadir dengan Face ID yang sudah ditingkatkan, kapasitas memori lebih besar, layar OLED buat iPhone X baru 5,8 inci dan 6,5 inci. Sedangkan model baru lainnya bakal hadir dengan layar LCD 6,1 inci.

Menurut firma riset tersebut, Apple bakal terus memfokuskan untuk mengadopsi Face ID buat lini iPhone 2018. Sedangkan vendor smartphone lain masih mengadopsi pemindai sidik jari kapasitif setidaknya di semester awal tahun ini lantaran mereka belum mampu membuat teknologi tandingan.

Selanjutnya di semester kedua 2018, banyak pabrikan smartphone bakal mengadopsi teknologi pemindai sidik jari di bawah layar. Apple pernah dirumorkan mengembangkan Touch ID yang terintegrasi dengan layar. Namun hal tersebut tidak pernah jadi kenyataan.

Pertumbuhan produksi iPhone disebutkan bakal mengalami kenaikan sebesar 7,5 persen di 2018. Sedangkan Samsung sebaliknya lantaran persaingan semakin ketat tidak hanya dari Apple tapi juga dari pabrikan ponsel Tiongkok. Samsung diprediksikan bakal mengalami penurunan produksi sebesar 3 persen.

Pertumbuhan produksi smartphone termasuk iPhone dari Apple diprediksi naik menjadi 1,53 miliar unit di 2018. Hasil ini naik dari tahun sebelumnya yang tercatat mencapai 1.46 miliar unit.

Comments
To Top