Ada beberapa faktor yang menyebabkan tidak berfungsinya aplikasi di google maps contohnya seperti tidak adanya jaringan pada saat mengaktifkan gps pada perangkat Android. Selain itu kerusakan di dalam sistem perangkat juga bisa mempengaruhi penyebab Gps di ponsel tidak dapat berfungsi dengan baik. Lantas bagaimana cara mengatasi Gps Error di Android yang tidak dapat terdeteksi? Simak ulasan mengenai Gps Android yang error di bawah ini.

Advertisement

Cara Mengatasi Gps Error Di Android

1.Restart Pengaturan Location

Langkah pertama masuk pada menu pengaturan, kemudian pilih general setelah itu non aktifkan menu location. Tunggu sebentar sekitar 10 detik, setelah itu cobalah untuk mengaktifkan kembali.

jika sudah selanjutnya coba restart perangkat Android.

2.Hapus Cache Peta

Apabila sudah melakukan cara pertama namun belum membuahkan hasil, maka silakan mencoba cara selanjutnya yaitu menghapus cahce dan juga cokies data di perangkat yang digunakan. Karena sering kali keberadaan cache dan juga cokies inilah yang membuat sistem Gps tidak dapat berjalan dengan normal.

3.Update Aplikasi Maps

Cara ketiga mungkin merupakan cara terakhir yang dapat dilakukan sebelum memutuskan untuk melakukan factory reset yang biasanya dijadikan solusi untuk mengatasi error pada perangkat android. Coba untuk melakukan update aplikasi Maps ke versi yang terbaru. Dengan mengupdate aplikasi bisa jadi akan menghilangkan bugs/ kerusakan pada aplikasi tersebut. Selain itu pengguna juga akan mendapatkan tampilan dan fitur yang terbaru dari aplikasi tersebut.

4. Factory Reset Android

Jika cara diatas sudah dilakukan namun tidak dapat mengatasi masalah error Gps ini maka dengan terpaksa harus melakukan cara terakhir yaitu Factory Reset untuk mengembalikan perangkat Android ke settingan/ pengaturan semula. Namun sebelum melakukan cara Factory Reset ini pastikan untuk membackup semua data yang ada di perangkat Android untuk di pindahkan ke PC/ komputer agar data atau file aman. Jika sudah maka telah bisa untuk melakukan proses factory reset.

Demikan informasi mengenai Cara Mengatasi Gps Error Di Android, semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi semua pembaca.