WeChat merupakan aplikasi chatting paling populer di Tingkok. Saking populernya, hampir tidak ada pengguna smartphone di negara tersebut tidak memiliki akin WeChat.

Advertisement

Maka tak heran jika Pemerintah negeri berjuluk Tirai Bambu tersebut merencanakan untuk mengkoneksikan WeChat dengan KTP yang dikeluarkan secara sah oleh negara. Sungguh mengagumkan bukan?

Mengutip dari laman Engadget, para warga di Ibu Kota dari Guangdong, yakni Guangzhou, segera akan dapat mengkoneksikan KTP mereka di distrik Nansha minggu ini. Nantinya, untuk memberikan akses identitas pengguna kepada aplikasi tersebut, para penduduk hanya harus melakukan pemindaian wajah di dalam aplikasi tersebut. Bahkan kabarnya, mulai Januari 2018, sistem ini akan mulai diterapkan

Namun, sistem yang diberi nama ID-linking ini hanya sekedar akan memberikan akses ke pengguna untuk melakukan beberapa hal saja. Misalnya, para pengguna dapat masuk ke warnet, dan menggunakan komputer untuk hal-hal terbatas saja.

Selain itu, para pengguna juga dapat melakukan pemindaian wajah dengan aplikasi untuk melakukan kegiatan seperti menyewa kamar hotel dan menggunakan jasa pemerintahan saja.

Sedangkan jika pengguna ingin melakukan hal yang lebih kompleks, semisal ingin mendaftarkan sebuah bisnis, maka mereka harus menyambungkan KTP dengan akun WeChat mereka di kantor di tingkat yang lebih tinggi.

Memang, fitur ini semakin memperjelas pandangan kita terhadap masa depan yang penuh dengan data digital. Akan tetapi, kita juga tetap tidak bisa mengabaikan sisi keamanan dari teknologi tersebut.