Produsen Alcatel kembali dikabarkan tengah mengembangkan smartphone generasi terbaru mereka yang masuk ke pada jajaran line-up A yang akan diberi nama Alcatel A3A XL dan perihal keberadaan dari smartphone ini terungkap melalui ditemukannya bocoran informasi dari dokumen FCC di Amerika Serikat.

Menurut dokumen tersebut tertulis sebuah perangkat dengan kategori smartphone yang diidentifikasi dengan nomor model “5099A’’. kemudian pihak FCC pun memperlihatkan sebuah foto Alcatel A3A XL tersebut ke publik beberapa waktu yang lalu. Pada bocoran foto di FCC tersebut terungkap bahwa perangkat unggulan alcatel ini akan dihadirkan dengan peningkatan yang signifikan di departemen pencitraan, bila dibandingkan dengan pendahulunya.

Tidak sama dengan generasi sebelumnya dimana smartphone terbaru yang belum lama ini disertifikasi ini sepertinya akan dilengkapi oleh fitur dual kamera yang terdiri dari dua sensor sensor terdiri dari dua sensor yang tersusun secara vertikal yang berpusat di bagian belakangnya. Lalu untuk sistem kameranya didukung oleh LED Flash dan tepat di bawahnya tampak adanya panel sidik jari berbentuk melingkar.

Spesifikasi lain yang terungkap di FCC diantaranya adalah smartphone ini berukuran 162 × 76mm, kemungkinan akan memiliki layar berukuran 6 inci dan dimensi  165 x 82,5 x 7.9mm. diinformasikan pula bahwa Alcatel A3A XL ini pun akan hadir dengan aspek rasio layar ke bodi 16: 9 namun akan hadir dengan bezels yang lebih tipis bila dibandingkan dengan yang ada pada A3 XL sebelumnya.

Walaupun terdapat beberapa persamaan namun smartphone ini sepertinya tidak ada hubungannya dengan Alcatel 5026A yang belum lama ini telah disertifikasi oleh FCC Federal dan keduanya pun akan diproduksi oleh TCL Communication. Kemungkinan smartphone ini akan menjadi smartphone menengah ke bawah pertama yang dikembangkan oleh Alcatel yang mulai debutnya dengan dijalankan dengan OS Android v8.0 Oreo.

Selain itu dokumen yang diterbitkan FCC pun mengungkapkan bahwa Alcatel A3A XL ini dibekali oleh baterai berkapasitas 2.900 mAH yang mana sebenarnya merupakan smartphone downgrade bila dibandingkan dengan pendahulunya yang berkapasitas 3.000 mAH. Lalu smartphone ini akan ditenagai oleh prosessor MediaTek  MT735B MTT yang memang ditujukan untuk smartphone menengah dan seri prosessor menengah juga.

Bila disesuaikan dengan waktu peluncuran smartphone pendahulunya yang mana kemungkinan besar smartphone ini akan diluncurkan sama dengan waktu pendahulunya yaitu akan diperkenalkan di acara Consumer Electronics Show pada bulan Januari 2018.  Menurut rumor harga jual dari Alcatel A3A XL ini akan dijual seharga USD 215,- atau bila dirupiahkan sekitar Rp. 2,9 jutaan per unitnya. Kita tunggu saja kehadirannya.