Banyak orang sudah tahu bahwa Steve Jobs (alm.) adalah nama salah satu pendiri Apple. Namun kini di Italia, “Steve Jobs” mengacu kepada nama sebuah perusahaan dan merek dagang pakaian dan aksesoris.

Advertisement

Ya kamu tidak salah dengar. Steve Jobs adalah nama perusahaan dan merek pakaian yang dimiliki Vincenzo dan Giacomo Barbato. Dua orang bersaudara tersebut kabarnya berhasil merebut nama itu dari Apple setelah bertahun-tahun berseteru di pengadilan.

Sebagaimana dilansir la Repubblica Napoli (via The Verge), perseteruan antara Apple dan dua orang bersaudara tersebut dimulai sejak 2012 lalu. Saat itu, Vincenzo dan Barbota mendapatkan informasi bahwa Apple belum mendaftarkan Steve Jobs sebagai merek dagangnya.

After years of legal battles, a pair of brothers — Vincenzo and Giacomo Barbato — have successfully managed to win a legal battle against Apple, earning the right to call their company “Steve Jobs,” after Apple’s iconic founder.

Dianggap nama yang sempurna, Vincenzo dan Barbato lantas menggunakan nama Steve Jobs untuk nama merek dagang pakaiannya. Apple tidak tinggal diam dan mengajukan tuntutan kepada mereka karena sudah mencaplok logo Steve Jobs dengan huruf “J” yang didesain sedemikian rupa mirip logo Apple tergigit dan berdaun.

Namun Apple kalah dalam kasus tersebut. Pengadilan memutuskan bawah huruf “J” tidak dapat dimakan dan tidak mirip seperti logo Apple ikonik seperti yang kita semua kenal dengan baik. Sehingga logo tersebut berhasil dimenangkan Vincenzo dan Barbato.

Vincenzo dan Barbato dilaporkan bakal terus memproduksi berbagai macam pakaian dan aksesoris seperti kaos, celana jins, tas, dan aksesoris lainnya, dengan menggunakan merek Steve Jobs.

Namun di masa datang, bukan tak mungkin mereka bakal membuat produk elektronik seperti halnya yang dilakukan Apple (Steve Jobs). Pasalnya mereka mengungkapkan tujuan dari dipakainya merek Steve Jobs adalah untuk merilis produk elektronik. Apakah mereka bakal merilis smartphone untuk menyaingi iPhone? Entahlah.