Sekitar 34 tahun lalu, tepatnya pada 19 January 1983, Apple merilis komputer desktop yang dinamakan Apple Lisa. Komputer yang dibanderol $9.995 – sekira $24.000 di 2016 – tersebut kala itu menjalankan sistem operasi Lisa Office System 1.0.

Meski sangat lawas, source code untuk sistem operasi berikut beserta aplikasi buat komputer Apple Lisa kabarnya sudah ditemukan kembali. Hal itu diumumkan Al Kossow yang bekerja sebagai Software Curator di Computer History Museum, California.

Seperti dikutip 9to5Mac, Kossow mengatakan bahwa konversi dari source code buat komputer Apple Lisa saat ini sedang dalam proses review oleh Apple. Begitu review selesai, source code tersebut direncanakan bakal rilis secara gratis di 2018.

Just wanted to let everyone know the sources to the OS and applications were recovered, I converted them to Unix end of line conventions and spaces for Pascal tabs after recovering the files using Disk Image Chef, and they are with Apple for review.

After that’s done, CHM will do an @CHM blog post about the historical significance of the software and the code that is cleared for release by Apple will be made available in 2018.

The only thing I saw that probably won’t be able to be released is the American Heritage dictionary for the spell checker in LisaWrite.

Dilengkapi HDD 5MB dan Twiggy Floppy Disk, Apple Lisa adalah salah satu komputer desktop pertama yang mengadopsi sistem antarmuka grafis (Graphical User Interface). Lantaran harganya yang sangat mahal dan performa yang rendah, penjualan ini komputer kurang bagus, terjual sebanyak 100.000 unit.

Nama Lisa sendiri adalah singkatan dari “Local Integrated System Architecture”. Namun kemudian Steve Jobs mengakui mengambil nama Lisa dari nama anak perempuan tertuanya Steve Jobs, yaitu Lisa Nicole Brennan.

Apple Lisa dianggap sebagai komputer yang gagal dan menjadi penyebab utama mengapa Steve Jobs (alm.) meninggalkan Apple. Selepas dari Apple, Jobs mendirikan NeXT yang akhirnya dibeli Apple sehingga dia menjadi memimpin Apple kembali.

Tanggal rilis source code buat Apple Lisa sendiri belum diketahui pasti. Begitu juga detilnya seperti apa belum diketahui karena masih dalam proses review yang dilakukan di lab milik Apple. Begitu dirilis nanti, apakah kamu ingin mencobanya untuk nostalgia?