Berita

Pengguna iPhone X Keluhkan Face ID Tak Dukung Family Purchases

Face ID yang hanya tersedia di iPhone X memunculkan masalah baru untuk para penggunanya, terutama mereka yang mengaktifkan fitur Family Sharing untuk membeli dan mengunduh konten (Family Puchases dan Downloads) untuk anggota keluarga lain.

Tidak sedikit pengguna di forum diskusi Apple mengeluhkan masalah serupa tidak bisa menyetujui permintaan pembelian konten dari anggota keluarga lain lewat fitur Ask to Buy dengan menggunakan Face ID di iPhone X miliknya.

Salah satunya adalah pengguna dengan nama akun JG70. Seperti dilansir Arstechnica, dia mengatakan kerap mendapatkan banyak permintaan pembelian dari 3 anaknya. Namun Face ID ternyata tidak mendukung otentifikasi untuk hal tersebut.

Kini setiap ada permintaan pembelian keluarga, dia mengatakan harus selalu memasukkan password Apple ID miliknya. Hal itu disebutnya cukup merepotkan dibandingkan dengan menggunakan Touch ID yang memang mendukungnya.

I’m sure that after I set up my iPhone X last weekend I was able to approve family purchase requests with Face ID. Now, for every request I get (and with 3 kids I get lots of them!) I’m being forced to type in my Apple ID password, which is frustrating given how complicated they have to be these days to be considered secure.

I’ve checked every setting I can find, turned relevant settings off and back on, and even removed the Apple ID from my phone entirely and set it back up again. But sadly, it still wants me to type in the full password. Interestingly, it still lets me use Touch ID on my iPad to approve so it seems to be specific to the iPhone X/Face ID combo.

Face ID yang tidak mendukung Family Purchase atau Downloads dinilai mengejutkan. Pasalnya, aplikasi pihak ketiga yang sebelumnya mendukung Touch ID bisa bertransisi mendukung Face ID tanpa masalah. Sedangkan dari fitur dari Apple sendiri tidak memungkinkan hal tersebut.

Apple sendiri belum memberikan penjelasan mengenai permasalahan ini. Namun muncul dugaan, mereka sengaja melakukan hal tersebut lantaran adanya risiko sistem keamanan Face ID dapat dikelabui anak.

Seperti diketahui, anggota keluarga yang mirip secara fisik dengan orangtua kemungkinan dapat mengelabui data Face ID yang tersimpan dalam perangkat. Contohnya layar iPhone X milik orangtua asal Staten Island dapat dibuka dengan mudah oleh anaknya yang berumur 10 tahun.

Jika seorang anak dapat dengan mudah mengelabui iPhone X dengan wajahnya, maka kemungkinannya dia dapat melakukan pembelian konten melalui mode Family Sharing untuk perangkat miliknya tanpa diketahui orangtua.

Namun apakah benar Apple melakukan hal tersebut untuk mencegah anak melakukan pembelian konten atau ada alasan lain? Kita tunggu saja penjelasan dari mereka mengenai hal tersebut.

Comments
To Top