Tips & trik

Cara Menghentikan Pembaruan Aplikasi secara Otomatis di Google Play

Pernahkah Anda melihat ponsel Anda dan melihat bahwa Google Play tengah melakukan pembaruan secara otomatis terhadap banyak aplikasi di ponsel Anda? Pantas saja, kinerja ponsel Anda mendadak menjadi serba lambat. Selain itu, tentunya Anda juga merasa cemas akan banyaknya data yang dihabiskan untuk semua pembaruan tersebut. Untungnya, ternyata hal tersebut mudah untuk diatasi atau dihentikan. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan pada Anda cara untuk menghentikan aplikasi agar tidak diperbarui secara otomatis sehingga Google Play hanya memperbarui setiap aplikasi yang Anda miliki sesuai dengan keinginan Anda dan kapan Anda menginginkannya.

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah semua aplikasi yang diinstal dari Google Play akan mengunduh pembaruan secara otomatis (disebut perbarui aplikasi secara otomatis) untuk meningkatkan kinerjanya di tablet atau ponsel pada umumnya. Sebenarnya, jika dilihat secara umum, ini adalah hal yang baik, namun juga dapat memperlambat kinerja ponsel Anda. Selain itu, update otomatis tersebut juga akan menggunakan data ponsel Anda dan menghentikan Anda melakukan hal-hal lain dengan perangkat tersebut. Di sinilah pembaruan aplikasi secara manual bisa menjadi solusi yang lebih praktis.

Cara menonaktifkan aplikasi yang diperbarui secara otomatis di Google Play

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menonaktifkan sistem update secara otomatis di Google Play.

1. Buka aplikasi Google Play Store dan ketuk laci navigasi. Kemudian pilih Pengaturan.

2. Di pengaturan Play Store tersebut, tekan Perbarui aplikasi secara otomatis.

3. Anda akan melihat tiga opsi (yang dapat diubah sewaktu-waktu): Jangan perbarui aplikasi secara otomatis, perbarui aplikasi secara otomatis kapan saja. Biaya data mungkin berlaku, dan Perbarui pembaruan aplikasi hanya melalui Wi-Fi.

4. Pilih yang pertama. Namun dengan memilih opsi pertama ini Anda harus ingat bahwa Anda harus selalu memperbarui semua aplikasi secara manual di masa mendatang. Jika Anda masih ingin aplikasi-aplikasi yang ada agar diperbarui secara otomatis, namun tidak tidak menggunakan koneksi data Anda, pilih Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi.

Bagaimana cara melakukan pembaruan aplikasi secara manual di Play Store

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan update aplikasi secara manual di dalam Play Store.

1. Jika Anda telah mengatur Play Store agar tidak memperbarui aplikasi secara otomatis, Anda harus melakukannya secara manual. Untuk memperbarui aplikasi secara manual, Anda harus membuka Aplikasi saya di Google Play. Bukalah laci navigasi dan pilih Aplikasi saya (dari kategori utama Apps & game).

2. Anda akan melihat tampilan tab aplikasi Anda: aplikasi yang saat ini terinstal pada perangkat Anda dan daftar utama dari setiap aplikasi yang pernah Anda unduh. Di daftar Terinstal, Anda akan melihat aplikasi yang ada dipecah menjadi beberapa kategori: Pembaruan, Baru saja diperbarui dan terbaru.

3. Aplikasi dengan pembaruan yang tersedia tercantum di bagian atas. Anda dapat memilih untuk menginstalnya satu per satu atau langsung semuanya dengan tombol Perbarui Semua di bagian atas.

Nah, bagaimana? Cukup mudah bukan langkah-langkahnya. Meskipun demikian, masih banyak yang belum mengetahui hal tersebut, akibatnya, kinerja ponsel pun menjadi lambat karena proses update otomatis yang sedang berjalan, tanpa sepengetahuan Anda sebagai pemiliki ponsel. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menghentikan update otomatis yang selalu dilakukan oleh Google Play. Selamat Mencoba.

Comments
To Top