Pernah mengalami video Anda dihapus karena pelanggaran hak cipta? Kelak tidak akan terjadi di Facebook bila Anda menggunakan audio dari Universal Music Group.

Advertisement

Pasalnya, Facebook telah menyetujui sebuah perjanjian lisensi dengan Universal Music Group yang memungkinkan pengguna Facebook mengunggah musik di dalam videonya.

Melalui kesepakatan tersebut, yang juga mencakup Instagram, akan memungkinkan pengguna layanan untuk mengunggah dan berbagi video yang berisi musik dari artis UMG tanpa dihapus yang biasanya terjadi karena pelanggaran hak cipta.

Kesepakatan itu akan membantu mengatasi masalah pelanggaran hak cipta utama seputar musik di platform. Facebook mengatakan sebagai langkah awal, pihaknya akan bekerja sama dengan UMG untuk mengenalkan “produk berbasis musik” di platformnya.

Setelah UMG, menurut beberapa sumber Facebook telah melakukan pembicaraan dengan Warner Music Group dan Sony Music Group.

Raksasa media sosial itu mulai berbicara dengan label musik pada tahun 2015, saat mencoba untuk menemukan cara untuk memasukkan musik ke dalam layanannya. Facebook fokus untuk menangani masalah pelanggaran hak cipta di platformnya.

Facebook juga membuat Content ID versi sendiri, serupa layanan yang ada di YouTube, untuk mengidentifikasi konten pemegang hak di seluruh jaringannya, yang memungkinkan label musik mengelola konten mereka yang tersebar di jaringan.