Tips & trik

Cara Cegah Facebook Penuhi Kotak Email Anda

Untuk memiliki akun Facebook Anda selalu diminta mendaftarkan alamat email yang aktif. Nantinya, alamat email tersebut untuk login ke akun Facebook dan menerima notifikasi dari beragam layanan di Facebook.

Permasalahannya, Facebook bisa saja membanjiri kotak masuk email Anda dengan notifikasi tidak penting. Akibatnya, tanpa sadar kotak email Anda penuh. Dampaknya bisa saja ada email penting yang tidak bisa Anda terima.

Facebook memahami hal tersebut, sehingga mereka menyediakan pengaturan agar notifikasi Facebook hanya muncul secara terbatas. Berikut Saya sudah rangkum langkah mudah melakukannya.

1. Akses pengaturan aplikasi Facebook

Pertama buka aplikasi Facebook di ponsel Anda. Kemudian akses halaman pengaturan aplikasi Facebook. Di halaman awal atau linimasa, perhatikan deretan ikon yang ada di bagian atas layar atau persis berada di bawah baris kolom pencarian.

Pilih ikon yang ada di sisi paling kiri berupa tiga garis horizontal yang tersusun vertikal. Setelah itu, Anda akan dialihkan ke halaman yang berisi beragam pengaturan aplikasi Facebook.

2. Cari pilihan pengaturan notifikasi Facebook

Pada halaman pengaturan Facebook tadi, geser halaman ke bawah sampai melihat menu pengaturan notifikasi atau notifications settings. Pilih menu pengaturan tersebut.

3. Memahami isi pengaturan notifikasi Facebook

Di halaman pengaturan notifikasi, Anda akan melihat beragam jenis notifikasi, mulai dari setiap unggahan yang Anda buat, hari ulang tahun teman di Facebook dan lain-lain. Anda akan melihat bentuk notifikasi yang akan diterima, baik dalam bentuk SMS, push notifications, atau email.

Anda bisa memilih satu atau lebih bahkan sama sekali tidak menerima notifikasi di atas. Untuk tidak menerima notifikasi dalam bentuk email yang bisa memenuhi kotak email yang Anda gunakan maka geser menu ke bawah dan pilih menu email.

4. Matikan seluruh jenis notifikasi lewat email

Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke halaman berisi beragam jenis notifikasi yang Anda terima lewat email. Untuk menonaktifkannya, geser tombol berwarna biru yang ada di setiap jenis notifikasi. Jika tombol geser tersebut berubah warna menjadi abu-abu, artinya notifikasi tersebut tidak akan ada terima lagi lewat email.

Comments
To Top