Berita

Biaya Apple Developer Digratiskan untuk Pemerintah dan Badan Amal

Apple telah memberikan catatan baru di App Store Guideliness untuk melarang aplikasi dengan desain template. Peraturan tersebut kembali dilengkapi dengan penjelasan setiap pemilik usaha atau badan amal yang menggunakan layanan template, harus mengunggah aplikasinya sendiri lewat akun Apple Developer – bukan dikumpulkan lewat satu akun pemilik layanan template tersebut. Hal ini pastinya menjadi kendala yang cukup berat untuk beberapa kalangan seperti badan amal, yayasan dalam lingkup kecil atau pemerintah lokal karena harus membayar $99 setiap tahunnya dalam program Apple Developer.

Namun dalam catatan baru yang ditulis 9To5Mac (via TechCrucnh), Apple akan menggratiskan biaya Apple Developer untuk beberapa kalangan mulai tahun 2018. Langkah awal yang dilakukan adalah pada kalangan pemerintah dan badan amal atau yayasan non profit di Amerika Serikat.

Apple will make the Apple Developer Program free for governments and nonprofits in early 2018, starting with institutions in the United States.

Peraturan baru ini tidak berlaku untuk bisnis komersial atau pengusaha dengan akun perseorangan di Apple Developer. Mereka tetap harus membayar biaya berlangganan akun Apple Developer sebesar $99 setiap tahunnya seperti yang kamu tahu selama ini.

Kembali pada peraturan akun gratis, Apple akan tetap membuka fitur in-app purchases bagi pengembang di program ini namun tidak akan memotong jatah 30% yang biasanya dilakukan. Sehingga setiap in-app purchases yang dibeli dari pengguna aplikasi tersebut akan masuk sepenuhnya pada yayasan atau badan amal yang membuat aplikasi ini, misalkan untuk donasi dan hal kemanusiaan lainnya.

Comments
To Top