Selama sepekan terakhir, Apple mendapatkan cercaan dari para pengguna terkait performa iPhone lama yang semakin lambat dari waktu ke waktu. Muncul dugaan, mereka secara sengaja memperlambat performa iPhone tersebut supaya pengguna mengupgradenya ke iPhone terbaru.

Advertisement

Dugaan tersebut ternyata tidak benar adanya. Apple mengakui memang sudah mengorek performa beberapa model iPhone lama menjadi lebih lambat. Namun hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan yang baik.

Dalam pernyataan resmi yang dirilisnya sepertinya diterima Techcrunch, Apple memperlambat performa beberapa iPhone lama adalah semata-mata guna membuat umur iPhone menjadi lebih panjang.

Sebabnya, baterai Lithium-ion di iPhone tidak mampu memasok daya puncak yang dibutuhkan saat berada dalam kondisi dingin dan memiliki daya baterai rendah seiring bertambahnya umur. Sehingga iPhone bakal mati tiba-tiba untuk melindungi semua komponen elektronik di dalamnya.

Our goal is to deliver the best experience for customers, which includes overall performance and prolonging the life of their devices. Lithium-ion batteries become less capable of supplying peak current demands when in cold conditions, have a low battery charge or as they age over time, which can result in the device unexpectedly shutting down to protect its electronic components.

iPhone 6, iPhone 6s, dan iPhone SE sendiri sudah punya fitur yang akan memperlancar puncak tarik daya seketika yang ketika hanya dibutuhkan untuk mencegah iPhone mati tiba-tiba selama kondisi tersebut. Apple berencana menghadirkan fitur yang sama di iPhone lain di masa mendatang.

Last year we released a feature for iPhone 6, iPhone 6s and iPhone SE to smooth out the instantaneous peaks only when needed to prevent the device from unexpectedly shutting down during these conditions. We’ve now extended that feature to iPhone 7 with iOS 11.2, and plan to add support for other products in the future.

Sebelumnya, sejumlah pengguna iPhone 6 dan iPhone 6s mengeluhkan mengenai masalah lemotnya performa perangkat miliknya. Sebabnya adalah baterai yang sudah berumur. Setelah diganti dengan baterai baru, performa iPhone tersebut menjadi lebih cepat.