Apps

Facebook Hadirkan Fitur Mengelola Identitas dengan Face Recognition

Face Recognition atau pengenalan wajah adalah teknologi yang sedang marak digunakan sepanjang tahun 2017. Facebook kini menggunakan fitur tersebut untuk mengenali foto yang diunggah oleh para pengguna dan dapat dipakai sebagai cara mengelola identitas. Ada 3 sub fitur yang diberikan oleh Facebook lewat teknologi Face Recognition. Yaitu mengenali wajah kamu dari foto yang diunggah oleh orang lain dan dijadikan foto profil serta memberikan kemudahan untuk mendeteksi foto wajah, bagi pengguna dengan keterbatasan penglihatan.

Powered by the same technology we’ve used to suggest friends you may want to tag in photos or videos, these new features help you find photos that you’re not tagged in and help you detect when others might be attempting to use your image as their profile picture.

Mendeteksi Wajah dalam Foto yang Diunggah Pengguna Lain

Facebook menjelaskan bahwa fitur Face Recognition ini dapat bekerja saat pengguna lain mengunggah foto yang dideteksi ada wajah kamu di dalamnya. Meskipun tidak ditandai, pemilik wajah dapat memperoleh notifikasi mengenai foto tersebut dan silakan tentukan pilihan tindakan yang ingin dilakukan. Mulai dari memberikan tag ke akun kamu, meninggalkan begitu saja atau tidak memberi tag atau menghubungi orang tersebut jika kehadiran foto tersebut tidak kamu inginkan. Namun Facebook juga berjanji untuk menjaga privasi pengguna, terutama jika kamu membagikan foto dalam mode friends only atau custom audience.

Facebook juga menjelaskan bahwa teknologi Face Recognition ini difokuskan pada foto profil yang kamu gunakan. Jadi, jika ada pengguna lain yang mengunggah foto tersebut sebagai foto profil mereka, kamu akan mendapatkan informasi tersebut untuk mencegah pencurian identitas.

Fitur Lain dan Teknologi Selanjutnya

Masih dari catatan yang diberikan Facebook, fitur baru ini juga diberikan bagi pengguna dengan keterbatasan penglihatan. Yaitu mode screen readers yang dapat “membaca” foto di News Feed dan menjelasan siapa saja yang ada di foto tersebut.

Teknologi Face Recognition yang digunakan Facebook akan terus dikembangkan. Salah satu rencana berikutnya adalah memberikan pengaturan yang lebih sederhana dan mudah untuk mengelola daftar foto yang terdeteksi dengan wajah kamu secara sekaligus. Facebook juga menjelaskan bahwa fitur ini akan dirilis secara global dalam waktu dekat, kecuali di Kanada dan Uni Eropa yang membatas peraturan mengenai Face Recognition.

Download Facebook · Harga: Gratis

Comments
To Top