Tips & trik

Cara Mengatasi Download Yang Tertunda di Play Store

Sebelum mencoba cara ini, ada baiknya pengguna Android mengecek terlebih dulu opsi koneksi data yang digunakan untuk mengunduh aplikasi. Beberapa aplikasi, terutama yang memiliki data yang cukup besar, bisanya akan menyarankan menggunakan konektivitas Wi-Fi. Jika, pilihan ini tercentang, maka aplikasi tidak akan terunduh dengan koneksi seluler meskipun koneksi yang dimiliki sangat cepat.

Bagi pengguna yang sudah terlanjur menginstal dengan opsi pilihan konektivitas Wi-Fi, sebenarnya pengguna hanya perlu membatalkan unduhan, kemudian mengulanginya dengan tidak mencentang pilihan menggunakan Wi-Fi.

Namun, bagi pengguna yang tidak tersangkut pada permasalahan tersebut, kemungkinan penyebab unduhan aplikasi tertunda adalah koneksi jaringan internet yang sedang digunakan tidak sedang dalam kondisi prima.

Nah, jika ini permalahanya, pengguna hanya perlu mereset kembali jaringan seluler yang digunakan. Caranya sangat mudah, pengguna hanya perlu mengaktifkan mode terbang beberapa saat, kemudian mematikan mode tersebut kembali.

Bagi pengguna Android yang tidak tahu dimana mode terbang dapat diaktifkan, pengguna dapat mengaksesnya melalui menu quick seting dengan menarik ke bawah bar notifikasi yang berada di atas layar.

Saran saya, pastikan untuk mengunduh aplikasi melalui Google Play Store saat koneksi internet di jaringan seluler yang digunakan cukup cepat. Kita dapat berpindah ke lokasi atau tempat yang memiliki cukup sinyal.

Bersihkan Cache

Jika cara di atas belum dapat mengatasi permasalahan, bisa jadi gegara data sampah yang tersimpan sebelumnya. Cache atau data sampah memang sangat membantu banyak aplikasi dalam menjalankan prosesnya. Aplikasi tidak perlu mencari atau membuat data baru lagi dengan adanya cache yang tersimpan ini. Namun, beberapa permasalahan sering terjadi akibat data sampah tersebut.

Semisal dengan adanya data sampah ini, aplikasi tersangkut untuk menggunakan data tersebut tanpa memperbarui data tersebut padahal aplikasi perlu memperbaruinya. Hal seperti ini lah yang dapat menjadikan unduhan di Google Play Store sering tertunda.

Untuk mengatasinya, pengguna Android hanya perlu membersihkan data-data cache yang dimiliki oleh aplikasi Google Play Store maupun seluruh cache yang ada di ponselnya. Berikut ini cara membersihkan cache spesifik milik Google Play Store :

Buka Settings

Sekrol ke bawah, dan cari menu Apps

Cari aplikasi Google Play Store dan ketuk pilihan tersebut

Pilih Storage, dan kemudian pilih Clear cache

Muat ulang ponsel

Jika kedua cara di atas belum berhasil, maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah mereset ponsel ke kondisi awal, bukan ke data pabrik ya. Untuk melakukan hal ini, pengguna hanya perlu memuat ulang perangkatnya, atau istilah kerennya melakukan reboot atau restart.

Dengan melakukan restart, ponsel akan mereset ponsel ke kondisi prima. Beberapa pengaturan yang bersifat sementara akan dikembalikan ke kondisi semula. Oleh karena itu, biasanya cara ini dapat menjadi solusi untuk beberapa permasalahan yang muncul di gadget yang sedang digunakan.

Comments
To Top