Monitor memiliki pengaturan warna sendiri. Sementara di laptop, Anda biasanya hanya bisa mengubah kecerahan layar tapi tidak pengaturan warna seperti saturasi dan kontras.

Sebenarnya, Anda bisa mengatur kontras dan saturasi warna pada layar laptop Anda, meski pengaturannya agak sulit untuk ditemukan.

Advertisement

Seperti yang dijelaskan oleh Addictive Tips, kontras dan saturasi warna dikendalikan oleh kartu grafis Anda. Karena itu, jika Anda ingin mengubah kontras dan saturasi warna, maka Anda harus masuk ke pengaturan dari kartu grafis laptop Anda.

Pengaturan ini bisa berupa NVIDIA Control Panel, AMD Control Center atau Intel Graphics Control Panel, tergantung pada kartu grafis yang digunakan pada laptop Anda. Jika laptop Anda memiliki dedicated GPU, kemungkinan, pengaturan untuk mengubah saturasi dan kontras ada pada onboard GPU.

Ini cara untuk mengakses pengaturan kartu grafis Anda.

1. Pada desktop, klik kanan pada tempat kosong

2. Pilih pengaturan kartu grafis

Dalam contoh di atas, kartu grafis yang digunakan pada laptop adalah Intel Graphics Settings.

3. Klik opsi “Display”

Baik Intel Graphics dan NVIDIA Control Panel memiliki bagian “Display”. Kemungkinan, AMD Control Center juga memiliki opsi tersebut. Jika laptop Anda memiliki dua kartu grafis — Intel dan NVIDIA misalnya — maka biasanya, pengaturan layar akan ada pada on-board GPU, yang biasanya adalah kartu grafis Intel.

4. Pilih opsi “Color”

Di sini, Anda bisa mengatur tingkat saturasi warna dan kontras. Beberapa kartu grafis menawarkan profil, memungkinkan pengguna untuk menyimpan pengaturan warna layar pada profil tersebut. Dengan begitu, pengguna bisa berganti dari satu konfigruasi ke konfigurasi lainnya.

5. Sesuaikan saturasi

Jika Anda secara tidak sengaja mengatur kontras dan saturasi sehingga membuat warna pada layar terlihat aneh, Anda bisa memulihkan konfigurasi semula dengan satu klik. Mengubah kontras dan saturasi tidak akan merusak hardware Anda karena pengaturan tersebut memang masih bisa dicapai oleh layar laptop Anda.