Jika Anda adalah pengguna ponsel Android atau tablet dan ingin mencetak file seperti gambar, email, atau dokumen, pada perangkat Android, maka Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan bantuan aplikasi Cloud Print.

Advertisement

Cloud Print adalah aplikasi Android gratis yang dikembangkan oleh Google yang memungkinkan untuk mencetak langsung dari ponsel Android. Aplikasi ini mendukung hampir semua printer namun untuk pengalaman terbaik, direkomendasikan menggunakan printer Cloud Ready. Jenis printer ini dapat langsung terhubung ke Internet dan tidak memerlukan komputer agar bisa bekerja.

Jika printer Anda tidak memiliki kemampuan Cloud, Anda masih dapat menghubungkan printer biasa Anda ke Google Cloud Print melalui komputer. Agar bisa bekerja, Anda perlu menambahkan printer Anda ke Cloud Print.

Untuk printer biasa, di bawah ini adalah cara menambahkan printer ke Google Cloud Print:

Jalankan Google Chrome di komputer Anda. Jika tidak memilikinya, bisa mengunduh dan menginstalnya dari halaman resmi Google Chrome.

Klik tombol “Tombol Menu” di pojok kanan atas jendela dan klik “Pengaturan”.

Klik “Masuk ke Chrome” untuk masuk ke akun Google Anda. Pastikan untuk masuk menggunakan akun Google yang sama seperti yang Anda gunakan pada perangkat Android, karena hanya dengan melakukan hal tersebut, maka printer akan disinkronkan dengan perangkat Anda.

Klik “Tampilkan pengaturan lanjutan”. Gulir ke bawah ke bagian Google Cloud Print dan klik “Kelola”.

Anda akan melihat tombol “Tambahkan Printer” di bagian Printer klasik. Klik tombol tersebut.

Pesan konfirmasi muncul di layar berikutnya. Pilih printer yang terhubung ke komputer. Klik “Tambahkan Printer(s)” untuk konfirmasi. Beres.

Kini printer klasik Anda dapat diakses melalui Google Cloud Print. Untuk dapat mencetak dari ponsel Android, Anda memerlukan aplikasi Cloud Print resmi dari Google untuk Android.

Sebagian besar ponsel yang hadir dengan Android 4.4 atau yang lebih baru sudah menyertakan fungsionalitas Google Cloud Print. Untuk mengaktifkannya, navigasikan ke Pengaturan > Pencetakan lalu hidupkan layanan “Cloud Print”.

Jika ponsel Android Anda tidak memiliki layanan yang sudah terinstal, cukup kunjungi Google Play Store dan unduh aplikasi Cloud Print secara gratis. Anda dapat mengecek apakah aplikasi tersebut terinstal dengan membuka aplikasi Pengaturan dan mengetuk Pencetakan.

Jika tertulis “Tak Ada Layanan Terinstal” berarti Anda tidak memiliki Google Cloud Print. Ketuk “Menu opsi” di sisi kanan atas dan tekan “Tambahkan Layanan”. Play Store kemudian akan terbuka, pilih dan instal “Cloud Print”. Pastikan Cloud Print juga diaktifkan dari menu Pencetakan di aplikasi Pengaturan. Setelah selesai, Anda siap untuk mencetak dari perangkat Android Anda.

Sebelum mulai mencetak, pastikan PC Anda terhubung ke Internet dimana Anda masuk ke akun Google melalui Google Chrome, dan printer Anda menyala.

Mencetak dari Ponsel atau Tablet Android Anda

Buka gambar atau dokumen yang ingin Anda cetak di perangkat Android Anda. Ketuk tombol “tiga titik” di kanan atas dan pilih “Cetak”. File yang akan dicetak kemudian akan dimuat di aplikasi Cloud Print. Gunakan menu drop down dari atas dan pilih dari printer mana Anda ingin mencetak file tersebut. Ketuk ikon printer dan dokumen atau gambar Anda pun akan dicetak.

Anda juga dapat mencetak halaman Web melalui Cloud Print. Buka saja menu browser Android, tekan tombol “Share”, dan pilih “Cloud Print”. Anda kemudian dapat mencetak halaman Web ke salah satu printer Anda yang terdaftar di Cloud Print.

Sementara itu untuk mencetak pesan Gmail, aplikasi Gmail untuk Android dari Google tidak memiliki opsi bagi Anda untuk mencetak email Anda. Tapi, jika Anda mengakses akun Gmail melalui aplikasi browser Web, Anda dapat mencetak email Anda. Buka saja pesan Gmail di browser, sentuh tanda panah untuk menampilkan tombol tambahan, dan pilih “Cetak”.

Nah, cukup mudah bukan? Dengan menggunakan Cloud Print, Anda dapat dengan leluasa mencetak file-file yang dibutuhkan. Selamat mencoba.