Berita

Akhir 2019, BlackBerry Hapus Aplikasi BlackBerry World

BlackBerry selama ini menyajikan smartphone dengan tombol fisik QWERTY yang nyaman. Dukungan terhadap perangkatnya mulai didominasi Google Android.

Dilaporakan Engadget, perusahaan asal Kanada tersebut akan menutup toko aplikasi mereka yakni BlackBerry World di akhir Desember 2019. Artinya akan banyak aplikasi bawaan yang buatan BlackBerry akan mulai kehilangan dukungan dan tidak bisa digunakan.

Hal ini dinilai wajar karena saat ini BlackBerry juga membenamkan Android sebagai sistem operasi perangkatnya, bukan lagi BlackBerry OS. OS buatan mereka yang terakhir hanya dijumpai pada perangkat BB 10 yang dirilis 2 tahun lalu.

Apa dampaknya? Pengguna smartphone BB lama apalagi yang masih menggunakan BlackBerry OS, bukan Android, dipastikan tidak bisa menggunakan seluruh aplikasi di dalam perangkatnya di tahun 2020.

Bagi BlackBerry ini juga keputusan sulit ketika harus menghentikan pengembangan dan dukungan sistem operasi. Artinya, pengguna setia mereka yang masih menggunakan smartphone seri terdahulu harus rela membeli perangkat baru.

Di tahun 2020 secara otomatis perangkat mereka akan usang. Hal yang sama seperti pengguna smartphone Nokia Lumia ketika masih dipegang Microsoft dan menggunakan sistem operasi Windows Phone dan setahun lalu Windows Phone dihentikan dukungannya.

Jika Anda pengguna BlackBerry terbaru yang masih belum Android mungkin Anda cukup beruntung jika pihak BlackBerry masih bersedia menyediakan patch atau dukungan untuk sistem operasi BlackBerryOS terbaru.

Comments
To Top