Berita

Siri di Masa Depan Bisa Deteksi Bisikan dan Balik Berbisik

Apple diam-diam sudah mengajukan sebuah paten baru yang terkait dengan Siri. Dengan paten itu, asisten pribadi pintar yang di perangkat iOS, Apple Watch, dan lainnya bakal dilengkapi kemampuan baru yang lebih pintar dibanding sebelumnya.

Dalam dokumen paten baru saja dipublikasikan sebagaimana dilansir Gizmodo, paten baru Apple tersebut menjelaskan soal kemampuan Siri untuk mendeteksi ucapan yang dibisikan pengguna dan memberikan respons dengan bisikan pula.

“a digital assistant that is capable of detecting a whispered speech input and providing a whispered speech response.”

Kemampuan baru Siri tersebut sangat berguna untuk beberapa kasus. Contohnya seperti saat belajar perpustakaan di mana orang sambil belajar dilarang berbicara dengan keras; atau ketika pengguna bekerja dengan rekan di suatu ruangan.

Dalam paten ini, Apple juga menjelaskan mengenai perlindungan privasi pengguna. Di dalamnya terdapat alasan mengapa Siri perlu mendeteksi bisikan pengguna dan memberikan respons dengan bisikan juga.

Paten tersebut secara rinci memaparkan Siri dapat mendeteksi antara suara yang dibisikan dan suara yang ducapkan secara normal. Hal tersebut dimungkinkan kemampuan perangkat iPhone atau Apple Watch yang mampu mengukur pola amplitude dan frekuensi suara.

Menariknya, Siri mampu menyesuaikan nadanya sendiri berdasarkan pada nada pengguna bukan pada volume suara. Oleh karena itu, asisten pribadi tersebut dapat merespons balik dengan bisikan kepada pengguna.

Apple sendiri mengajukan paten ini pada 2016 lalu. Namun publikasinya baru diketahui belakangan. Tidak diketahui pula, apakah mereka bakal memenangkan paten ini. Apabila dimenangkan, tidak diketahui apakah mereka bakal menyematkan kemampuan ke dalam Siri dalam waktu dekat ini. Kita lihat saja.

Comments
To Top