Berita

Kabel Thunderbolt 3 Merek Apple Resmi Tersedia di Apple Store

Setelah lama memasok kabel Thunderbolt 3 dari pihak ketiga, Apple akhirnya merilis kabel Thunderbolt 3 dengan mereknya sendiri di Apple Store buat komputer Mac yang sudah mendukungnya, seperti MacBook Pro dan juga iMac Pro yang baru saja diluncurkan.

Sebagaimana dilansir dari lamannya (via 9to5Mac), kabel Thunderbolt 3 yang tersedia memiliki ukuran 0,8 meter. Apple menjualnya dengan harga $39 (Rp 529 ribu). Buat kamu yang memesan, Apple bakal mengirimkannya secara gratis pada hari itu juga.

Secara penampakan, kabel Thunderbolt 3 yang dijual Apple sangat mirip seperti USB-C yang tidak mendukung transfer data dengan kecepatan tinggi. Lantaran sama-sama memiliki kepala konektor USB-C di kedua ujungnya.

Bedanya, kabel Thunderbolt 3 memiliki kecepatan hingga 40 Gbps dan mendukung USB 3.1 generasi kedua yang memiliki kecepatan 10 Gbps. Sedangkan kabel USB-C yang ada di sejumlah komputer Mac hanya dirancang sebagai adaptor untuk pengisian baterai.

Selain mendukung transfer data berkecepatan tinggi, kabel Thunderbolt 3 juga mendukung pengisian baterai cepat. Pasalnya, kabel tersebut mendukung daya listrik hingga 100Watt. Sehingga baterai komputer Mac milikmu bisa terisi dalam waktu singkat.

Kabel Thunderbolt 3 bisa kamu gunakan untuk beragam hal, seperti bisa dikoneksikan ke dudukan, hard disk eksternal, dan layar eksternal dengan resolusi tinggi. Bahkan iMac Pro sudah dibekali empat port Thunderbolt 3. Sehingga bisa kamu koneksikan dengan empat layar 4K sekaligus.

Apple sebelumnya ini selalu menjual kabel Thunderbolt 3 dari Belkin. Meskipun kini sudah menjual kabel Thunderbolt resminya, mereka tetap menjual kabel Thunderbolt 3 dari Belkin dalam dua ukuran, 0,5m dan 2m.

Comments
To Top