Speaker pintar dari Apple, HomePod, dipastikan bakal menghadapi tantangan serius dari Samsung. Pasalnya, kini beredar jadwal kapan pabrikan raksasa elektronik dari Korea Selatan tersebut bakal merilis speaker pintarnya.

Advertisement

Laporan terbaru dari Bloomberg menyebutkan, pesaing terbesar Apple itu bakal meluncurkan speaker pintar buatannya pada semester awal 2018. Di tahun yang sama, HomePod yang ditunda peluncurannya akhir tahun ini juga bakal memulai debutnya sekitar awal tahun depan.

Sebagaimana HomePod, speaker pintar dari Samsung bakal memfokuskan pada kualitas audio dan kemampuannya untuk terhubung dengan aksesoris-aksesoris yang mendukung platform rumah pintar, seperti lampu, kunci, TV, ponsel, dan produk-produk buatannya yang lain.

Jika HomePod dikendalikan Siri, maka speaker pintar Samsung bakal mengadopsi asisten pribadi pintar yang dinamakan Bixby. Samsung sebelumnya sudah menyematkan Bixby di ponsel Android flagship buatannya, seri Galaxy.

Samsung sendiri sudah membuat prototipe dari speaker pintar buatannya. Dalam laporan tersebut, speaker pintarnya itu memiliki ukuran faktor bentuk di antara Amazon Echo dan HomePod.

Selain itu, Samsung juga disebutkan mempertimbangkan untuk menghadirkan speaker pintarnya dalam beberapa varian warna. Salah satu prototipe speaker pintar itu dibalut dengan warna matte black.

Informasi lain yang terungkap adalah Samsung tidak bakal menggunakan layar seperti halnya Amazon Echo. Namun bakal seperti HomePod yang menggunakan bagian yang menyala di bagian atas untuk menampilkan visual yang menarik.

Kehadiran HomePod dan speaker pintar dari Samsung bakal membuat peta persaingan di ranah ini semakin panas tahun depan. Keduanya bakal bertarung sengit dengan Amazon Echo dan Google Home.